Peningkatan Hasil Belajar PPKN melalui Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V SDN Siwalankerto 1 Surabaya
Keywords:
Hasil belajar, PPKn, SosiodramaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Siwalankerto 1
Surabaya pada mata pelajaran PPKn materi persatuan dan kesatuan melalui penerapan metode sosiodrama.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap:
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah
meningkat. Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat dari 33% pada pra-siklus, 67% pada siklus I,
dan 95% pada siklus II. Rata-rata kelas juga meningkat, menjadi 61 pada pra-siklus, 78 pada siklus I, dan
87 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini yaitu penggunaan metode sosiodrama
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn.
References
Amelia, D. P., Luthfia, A. R., Hamid, I. S., & Dewi, D. A. (2021). Metode Sosiodrama sebagai Sarana dalam Menumbuhkan Kesadaran Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5 No 6 , 5624 - 5630 .
Hawina. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN melalui Metode Sosiodrama di Kelas VI SD Negeri Jaya Makmur . Serambi Konstruktivis , Volume 5, No.1, 169-175.
Julinawati. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Metode Sosiodrama Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Volume 3 Nomor 4 , 736-743.
Nudqi, P. A., Murtafiah , W., & Mahardika , R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Sosiodrama Pada Mata Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Ngrambe 2. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan Volume 7, Nomor 1, 46 – 53 .
Siregar , D. (2018). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Sosiodrama Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Kelas V Di Sd Negeri 060898 Medan. Elementary School Journal Vol. 8 No. 1 , 103-109.
Sugianto. (2023). Penerapan Metode Sosio Drama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Materi Sistem Dan Dinamika Demokrasi Pancasila Siswa Kelas XI-MIA 1 SMA. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3, No. 2, 70-78.
Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKN Vol 5 No 1, 17-30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Lathifatul Aunia, Sri Hartatik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.