Eksplorasi Miniatur Rumah Joglo untuk Meningkatkan Pemahaman Keliling dan Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SDN Airlangga I/198 Surabaya
Keywords:
Eksplorasi, etnomatematika rumah joglo, keliling dan luas bangun datarAbstract
Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan individu agar dapat mencapai kesuksesan dalam hidupnya (Siagian&Surya,2017). Melaui pendidikan generasi bangsa dapat melakukan suatu perubahan yang positif. Proses pendidikan yang baik adalah proses yang tanpa meninggalkan nilai luhur dan berpedoman pada pancasila. Pembelajaran matematikan dengan mengkolaborasikan budaya merupakan salah satu upaya untuk memupuk karakter luhur generasi bangsa melalui pendidikan. Pembelajaran pada penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk menemukan konsep matematika bangun datar pada rumah joglo dengan menggunakan.model.pembelajaran discovery.learning. Penelitian.ini.menerapkan metode penelitian tindakan.kelas. Tujuan penelitian tindakan kelas adalah melakukan refleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran agar lebih efektif. Hasil ketuntasan dari kegiatan pembelajaran pada siklus 1 tingkat ketercapaian peserta didik mencapai 70% sedangkan pada siklus 2 mencapai 87%. Nilai KKM ketuntasan hasil belajar adalah ≥ 80. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil dan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
References
Ajmain, A., Herna, H., & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–54.
Arikunto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Asikin, M. 2011. Daspros Pembelajaran Matematika 1. Semarang: FMIPA Unnes.
Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Sundari 1 *. In Jurnal Papeda (Vol. 3, Issue 2).
Ghony, M. Djunaidi (2008) Penelitian tindakan kelas. UIN-Maliki Press, Malang. ISBN 979-24-2992-1 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231–234.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Venda Putri Ekasari, Sri Hartatik, Sunardi, Ismini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.