Meningkatkan Kemampuan Berhitung menggunakan Permainan Tradisional pada Siswa Kelas II SD

Authors

  • Believea Selfiyanti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sri Hartatik Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ismini SDN Airlangga 1 Surabaya
  • Sunardi SDN Airlangga 1 Surabaya

Keywords:

kemampuan berhitung, permainan tradisional congklak

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kemampuan berhitung khususnya pada perkalian siswa kelas II SDN Airlangga 1/198 Surabaya masih sangat kurang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan permainan tradisional congklak pada siswa kelas II dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berhitung perkalian menggunakan media permainan tradisional congklak pada siswa kelas II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Airlangga 1/198 Surabaya sebanyak 27 orang. Data awal yang diperoleh sebelum tindakan yaitu nilai ketuntasan klasikal hanya mencapai 47,62%. Dengan memanfaatkan media permainan tradisional congklak dalam proses pembelajaran matematika, ternyata dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 62,96% sedangkan pada siklus 2 ketuntasan klasikan sebesar 77,78%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan selama pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2 setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media pada siswa kelas II SDN Airlangga 1/198 Surabaya, bahwa pemanfaatan media permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung  perkalian dapat meningkatkan kemampuan siswa.

References

Erninda. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Bulat dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas II UPTD SD N 01 Suayan Kecamatan Akabiluru Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 2.

Jayadi, Arfan Rahman. (2022). Menıngkatkan Pemahaman Konsep Perkalıan Dan Pembagıan Kelas 3 Melaluı Permaınan Loncat Katak. Jurnal Pendidikan Guru, Vol. 3, No. 3.

Maria, Kolekta. (2020). Menıngkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II dengan Menggunakan Media Congklak di SD Katolik Wetakara. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora, Vol. 2, No. 5.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 9, No. 1.

Setyowati, Rina. (2017). Menıngkatkan Pemahaman Konsep Perkalıan Dan Pembagıan Kelas 3 Melaluı Permaınan Loncat Katak. Jurnal Pendidikan Guru, Vol. 3, No. 3.

Wote, A. Y. V., Sasingan, M., Kasiang, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, Vol. 4, No. 1.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Selfiyanti, B., Hartatik, S., Ismini, & Sunardi. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berhitung menggunakan Permainan Tradisional pada Siswa Kelas II SD. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 490–496. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1072