Transformasi Pendidikan melalui Kurikulum Merdeka Belajar untuk Menghadapi Tantangan Abad Ke – 21

Authors

  • Venda Putri Ekasari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Transformasi, kurikulum merdeka, Abad ke–21

Abstract

Pendidikan dapat diartikan sebagai pengalaman belajar sepanjang hayat. Ki Hadjar Dewantara melalui pemikirannya menyatakan pendidikan merupakan.tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai kesejahteraan.sebagai manusia yang bermasyarakat dan bernegara. Proses pendidikan tentu tidak dapat dilepaskan dari pengajaran. Tujuan pendidikan dalam.undang-undang nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa tujuan pendidikan Indonesia antara lain mengembangkan potensi siswa menjadi manusia yang berilmu, cakap, kreatif, mandiri. Kamiludin dan Suryaman (2017:59) menyatakan bahwa kurikulum adalah kumpulam dari suatu.program pendidikan yang disusun untuk mencapai tujuan pendidikan, sehingga memerlukan komponen yang.saling berkaitan serta mendukung satu sama lain. Pendidikan di Indonesia tengah mengalami pembaharuan kurikulum yakni menjadi kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum merdeka ini untuk.melakukan transformasi pendidikan menuju merdeka belajar. Peserta didik dan guru diberi kebebasan dalam mendesain kegiatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pendidikan berperan penting untuk menghadapi tantangan abad 21. Akankah penerapan kurikulum merdeka dapat menjadi tombak untuk menghadapi tantangan abad 21? Berdasarkan pemaparan konteks pendidikan merdeka belajar dan tantangan abad ke 21..Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis transformasi pendidikan melalui kurikulum merdeka untuk menghadapi tantangan abad ke 21. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Adapun fokus pembahasan pada penelitian ini adalah transformasi pendidikan melalui kurikulum merdeka untuk menghadapi tantangan abad ke 21.

References

Creswell, J. (2008). Educational Research. Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Prentice Hall.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills:a guide to evaluating mastery and authentic learning. London: Sage Publications Ltd.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Dwinggo Samala, A., Rahman Riyanda, A., & Hendri Adi, N. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 3011–3024. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391

Kemendikbud. 2019. Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. (2021b). Merdeka Belajar Episode 15. Www.Merdekabelajar.Kemdikbud.Go.Id. http://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/episode_15/web

Mirnawatiu, MIna. Gaya Kerja Milenial dan Tantangan Kolaborasi di Era Disrupsi Teknologi. Prosiding Seminar Nasional. Gorontalo: Ideal Publishing., 2019.

Rosida A. 2020. “Merdeka Belajar Melalui Model Pembelajaran Blended Learning. LPMP Provinsi DKI Jakarta. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/merdeka-belajar-melalui-modelpembelajaran-blended-learning/

Widiyono A, Irfana S, Firdausia K. 2021. Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metod Didakt J Pendidik Ke-SD-an. 16(2):102–107.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Ekasari, V. P. (2023). Transformasi Pendidikan melalui Kurikulum Merdeka Belajar untuk Menghadapi Tantangan Abad Ke – 21. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 178–183. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1146