Penggunaan Media Flash Card Pecahan Senılaı untuk Meningkatkan Hasıl Belajar Siswa Kelas IV SDN Krian 4 Sidoarjo
Keywords:
hasil belajar, matematika, pecahan, media flash cardAbstract
Tujuan penelitian ini dengan maksud meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Krian 4 Sidoarjo pada materi pecahan senilai dengan memanfaatkan media flash card. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Sebanyak 33 orang siswa sebagai subjek penelitian. Data penenlitian ini dikumpulkan melalui tes, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa penggunaan media flash card pecahan senilai terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Krian 4 Sidoarjo, Hal tersebut dapat dibuktikan dengan presentase tingkat keberhasilan sebesar 77,27% pada siklus 1 yang tergolong baik dan pada siklus 2 mencapai 90,9% tergolong sangat baik. Selain itu nilai rata-rata siswa kelas IV pada pra siklus 51,52, siklus 1 61,82, dan siklus 2 77,28. Selain itu presentase hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal diperoleh hasil 6,06% pada pra siklus, 24,24% pada siklus 1, dan 69,79% pada siklus 2. Artinya ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV mengalami kenaikan dengan banyaknya jumlah siswa yang mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Penggunaan media flash card ini bisa menjadi pilihan dalam aktivitas belajar matematika agar lebih menyenangkan.
References
Angreany, F. dan S. S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 138–146.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Astrianingsih, D. dan Sulastri. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Flash Card Pada Materi Peninggalan Sejarah di Kelas IV. Jurnal STKIP Banten, Tulip 8 (1),1-7.
Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI AR-Rochman Semarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 10–19.
Joko Untoro.(2009). Genius Matematika. Jakarta: Wahyu Media. hlm. 45
Sumlati, dkk. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. hlm. 101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Cendera Airani Cendani, Akhwani, Tri Widyati, Mudjiadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.