Praktik Pembelajaran yang Memerdekakan Peserta Didik

(Studi Kasus di SDN Margorejo I/403 Surabaya)

Authors

  • Cendera Airani Cendani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Studi Kasus, pembelajaran yang memerdekakan, deskripsi kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik pembelajaran yang memerdekakan peserta didik di SDN Margorejo I/403 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas SDN Margorejo I/403 Surabaya. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara dan lembar pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan praktik pembelajaran yang memerdekakan peserta didik di SDN Margorejo I/403 Surabaya yang berfokus pada: (1) implementasi praktik pembelajaran yang memerdekakan, (2) pendidikan karakter, (3) lingkungan sekolah yang mendukung, 4) hambatan yang dihadapi dan solusi sekolah dalam mengatasi hambatan tersebut.

References

Burhanuddin, dkk. (2003). Manajemen Pendidikan Analisis Subtantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan.Malang: Penerbit UM.

Irawati, D., dkk. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ningtyas, R. (2021). Konsepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Profil Pelajar Pancasila. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

Poerwandari, E. Kristi. (1998). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian. Jakarta: Lembaga Pengembangan dan Pengukuran Psikologi, Fak. Psikologi UI, hal. 34.

Tarmansyah, dkk. (2012). Pedoman Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Insklusif. Padang: Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) Direktorat Pendidikan Dasar.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wiryopranoto, S., dkk. (2017). Ki Hajar Dewantara “Pemikiran dan Perjuangannya”. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Cendani, C. A. (2023). Praktik Pembelajaran yang Memerdekakan Peserta Didik: (Studi Kasus di SDN Margorejo I/403 Surabaya). PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 279–283. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1145