Penggunaan Media Edu Kwartet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Materi Sejarah Kerajaan Indonesia

Authors

  • Yeni Amalia Firdaus Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Fandi Achmad Munshif SD Negeri Jumputrejo Sidoarjo

Keywords:

kartu edu kwartet, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan : 1) Untuk menigkatkan aktivitas peserta didik secara visual dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran IPAS materi sejarah kerajaan Indonesia; 2) Sebagai usaha meningkatkan hasil dari proses belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas digunakan sebagai metode penelitian dengan menggunakan kartu edu kwartet. Penelitian tindakan kelas menggunakan kartu edu kwartet menghasilkan peningkatan pada variasi kegiatan oleh peserta didik dan hasil dari proses belajar mengajar aspek kognitif dalam siklus. Penelitian ini melibatkan 34 peserta didik kelas IV SDN Jumputrejo sebagai subjek penelitian dengan presentase ketuntasan belajar awal yaitu sebesar 26%. Di siklus I meningkatnya aktivitas visual yang bisa dilihat dari presentase kemampuan peserta didik menjawab pertanyaan yaitu sebesar 75% dan hasil belajar dinyatakan tuntas yaitu 21 peserta didik atau sebesar 62%. Setelah dilaksanakan tindakan di siklus II, variasi kegiatan visual peserta didik meningkat seperti mampu menjawab pertanyaan dengan presentase sebesar 90% dan pernyataan tuntas dalam hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif yaitu 30 peserta didik atau sebesar 88%. Kesimpulan dari data diatas bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan media kartu edu kwartet dalam mata pelajaran IPAS materi sejarah kerjaan Indonesia dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas IV SDN Jumputrejo.

References

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Pernada Media

Sapriya, H., Susilawati., & Nurdin, S. (2006). Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press

Sasmita. (2017). Penggunaan Media Permainan Kartu Kwartet Pintar Sejarah (KKPS) Dalam Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 1 Surakarta Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Artefak: History and Education. Vol 4. No 2.

Sudin, A. & Entan, S. (2009). Media Pembelajaran. UPI kampus Sumedang: Tidak diterbitkan

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengaja. Bandung: Rasdakarya.

Setyawati, P. E, Hanifah N. Dan Gusrayani, D. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peninggalan Sejarah Masa Islam di Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Jigsaw) Berbantuan Media Puzzle. Jurnal Pena Ilmiah. No 1, Vol 2.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Yeni Amalia Firdaus, Akhwani, & Munshif, F. A. . (2023). Penggunaan Media Edu Kwartet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Materi Sejarah Kerajaan Indonesia. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 6–11. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1086

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>