Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Authors

  • Lutfiyah Natasya Shohibah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Pendidikan karakter, Ki Hajar Dewantara, Pemikiran

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan pribadi yang baik dan bertanggung jawab. Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk membentuk generasi muda yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar, termasuk metode yang digunakan, manfaatnya, serta tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan program pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis data yang relevan dengan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di sekolah dasar dapat diimplementasikan melalui berbagai pendekatan, seperti kurikulum yang terintegrasi, kegiatan ekstrakurikuler, dan peran serta guru dalam membentuk nilai-nilai karakter. Manfaat yang diperoleh dari implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar meliputi pembentukan sikap positif, pengembangan keterampilan sosial, peningkatan motivasi belajar, dan penguatan moral dan etika. Dengan adanya pendidikan karakter yang baik, diharapkan siswa dapat menjadi individu yang bertanggung jawab, memiliki empati, menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, disiplin, dan kerjasama.

References

Albany, D.A. (2021). Perwujudan Pendidikan Karakter Pada Era Kontemporer Berdasarkan Perspektif Ki Hadjar Dewantar. Jurnal Humanitas Vol. 7 No. 2, Juni 2021, hal. 93-107

Angga, Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu. 6(1), 1046–1054.

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Implementasi Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8.

Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19–31.

Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583.

Onde, M.L.O., et al. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Era 4.0 pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 4 No 2 April 2020 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147

Rasyid, M. R. (2015). Pendidikan Dalam Perspektif Teori Sosiologi. Rasyid Tarbiyah Dan Keguruan UIN 6131 Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital – Cucu Suryana, Tatang Muhtar

Sukri, S., Handayani, T., & Tinus, A. (2016). Analisis Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Civic Hukum, 1(1), 33.

Widodo, Bambang. (2017). Biografi: Dari Suwardi Suryaningrat Sampai Ki Hadjar Dewantara. Jakarta: Makalah Seminar “Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dari Politik ke Pendidikan.

Wiryopranoto, S. et al. (2017). Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya. Jakarta : Mueum Kebangkitan Nasional Dirjen Kemdikbud.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Shohibah, L. N., & Akhwani. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 269–272. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1156

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>