Wordwall Tournament: Inovasi Model Pembelajaran Team Games Tournament pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Fadlilatus Sholichah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Fandi Ahmad Munshif SD Negeri Jumputrejo
  • Muzahidin SD Negeri Jumputrejo

Keywords:

matematika, wordwall, team games tournament, keaktifan, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Wordwall Tournament: inovasi model pembelajaran team game tournament berbantuan Wordwall dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas 4 SD Negri Jumptrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SD Negri Jumputrejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan pengumpulan data hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 72,65% atau kategori aktif, dan 86,62% atau kategori sangat aktif pada siklus II. Selain itu, skor Hasil Belajar Siklus I rata-rata 64,71. Skornya adalah 71,18. Peningkatan lebih lanjut terlihat pada Siklus II mencapai skor ketuntasan klasikal 88,24 dan skor rata-rata 84,71. Berdasarkan hal tersebut, penerapan Wordwall Tournament dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik. 

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Farhaniah, S., Jailani, S., & Fatmawati, K. (2021). Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(1), 33-41.

Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58-66.

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa MAN 1 Lamongan. Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 6(2), 189-199.

Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(2), 1-5.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Porras, C. (2012). How cooperative learning instructional approaches influence overall classroom behavior. Chico: California State University.

Pranata, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 2 Singaraja (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Rahayu, P., Pangestika, R. R., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(1), 385-394.

Sudihartinih, E., Hajizah, M. N., & Marzuki, M. (2021). Penggunaan Teknologi Digital Pada Perkuliahan Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 59-66.

Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjoeng, D., Sutrisno, S., Hutabarat, C., & Putrawan, B. K. (2021). Kegiatan Belajar dan Mengajar secara Digital dengan Konsep Hybrid Learning di Sekolah Terpadu Pahoa. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan, 4(2), 124-136.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Sholichah, N. F., Akhwani, Munshif, F. A., & Muzahidin. (2023). Wordwall Tournament: Inovasi Model Pembelajaran Team Games Tournament pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 524–529. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1139

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>