Pendidikan Karakter untuk Membentuk Manusia Indonesia

Authors

  • Eva Nur Rosyidah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Manusia Indonesia

Abstract

Pendidikan karakter disebut sebagai suatu langkah dengan tujuan untuk membentuk manusia yang berkarakter baik dan berintegritas tinggi. Di Indonesia, pendidikan karakter dilakukan dengan barbagai cara, seperti pengajaran di sekolah, program-program pemerintah, serta pendidikan keluarga. Dalam membentuk manusia Indonesia, pendidikan karakter harus dilakukan secara terus menerus dan terintegrasi dalam segala aspek kehidupan. Dalam hal ini, peran semua pihak, seperti guru, orang tua, pemerintah, serta masyarakat sangat penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung. Melalui pendidikan karakter,manusia Indonesia diharapkan dapat memiliki nilai-nilai baik khas Indonesia seperti yang tertuang dalam Profil Pelajar, berintegritas tinggi, dan mampu berkontribusi secara positif dalam kehidupan bermasyrakat dan berbangsa.

References

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan dan Karakter Budaya Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.

Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.

Khan, Yahya. (2010). Pendidikan Karkter Berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Lickona, Thomas. (1992). Moral Development and Behavior: Theory, Research, and Social Issues. New York: State University of New York.

Muhtadi, Ali. (2010). Strategi Implementasi Pendidikan Budi Pekerti yang Efektif di Sekolah. Yogyakarta: FIP UNY.

Ningsih, Tutuk. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: Stain Press.

Peraturan Presiden RI No. 87 Tahun 2017. Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Bab 1 Pasal 1.

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication.

Silitonga, A. S, dkk. (2014). Pengelolaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol.9 No. 1

Supranoto, Heri. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.3 No.1.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 3.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Rosyidah, E. N., & Akhwani. (2023). Pendidikan Karakter untuk Membentuk Manusia Indonesia. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 140–144. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1059

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>