Pemanfaatan Instagram Sebagai Digital Marketing UMKM Guna Membantu Peningkatan Penjualan UMKM
Keywords:
Social media marketing, Instagram, UMKMAbstract
Dalam era digital saat ini, adopsi teknologi digital telah menjadi kebutuhan bagi UMKM untuk tetap bertahan dan bersaing di pasar yang semakin ketat. Social media marketing - Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya menjadi tempat yang tepat untuk mempromosikan produk atau jasa. UMKM bisa memanfaatkan platform ini untuk mengiklankan produk, membangun relasi dengan pelanggan, dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Dalam era digital saat ini, adopsi teknologi digital telah menjadi kebutuhan bagi UMKM untuk tetap bertahan dan bersaing di pasar yang semakin ketat. Penerapan teknologi digital pada UMKM dapat memberikan banyak keuntungan, seperti meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, dan memperluas jangkauan pasar. Selain itu, pengembangan UMKM berbasis digital juga dapat membantu mengatasi kendala-kendala yang dihadapi UMKM, seperti keterbatasan akses modal dan pasar. Namun, pengembangan UMKM berbasis digital juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga keuangan, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan adanya dukungan yang memadai, UMKM dapat mengoptimalkan potensi teknologi digital untuk meningkatkan kinerja bisnisnya dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini UMKM di desa Krangrejo, Kediri masih belum bisa memanfaatkan teknologi untuk pengembangan bisnisnya. Maka dari itu pengmas tim FEBTD saat ini yaitu melakukan pendampingan pemanfaatan sosial media sebagai sarana pengembangan dan peningkatan penjualan UMKM
Downloads
References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Pengabdian Masyarakat Manage, 1((2)), 88–92
Casaló, L. V., Flavián, C., & IbáñezSánchez, S. (2020). Be creative, my friend! Engaging users on Instagram by promoting positive emotions. Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.02.014
Fatmawati, S. (2018). PENGARUH IKLAN MODEL AIDA (attention, interest,desire,action) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE INDONESIA PADA MAHASISWA FISIP UNISKA MAB. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–11.
Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
Latief Setiawan. (2020a). Instagram Marketing Hack, Cara Meningkatkan Penjualan melalui Instagram.
Matthew Sugiarto. (2020). Instagram Marketing Jualan Online.
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P.E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809
Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20.
van Driel, L., & Dumitrica, D. (2020). Selling brands while staying “Authentic”: The professionalization of Instagram influencers. Convergence. https://doi.org/10.1177/135485652 0902136
Wati, A. P., Aulia Martha, J., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. In Edulitera. Edulitera.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.