Memahami Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis Bagi Pelaku UMKM di Desa Karangrejo Kediri
Keywords:
Branding, Marketing, Social Media, Promotion, UMKMAbstract
Salah satu sektor ekonomi yang sangat penting di Indonesia adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau biasa disebut (UMKM). Pada tahun 2022 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat sekitar 64 juta unit UMKM di Indonesia, yang menyumbang sekitar 61,1% dari total tenaga kerja nasional dan memberikan kontribusi sebesar 60,34% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Meskipun begitu, UMKM di Indonesia masih mengalami berbagai permasalahan yang perlu diatasi untuk meningkatkan kinerjanya. UMKM di Indonesia sangat beragam, mulai dari sektor pertanian, perikanan, industri kreatif, hingga jasa. Meskipun demikian, UMKM masih menghadapi berbagai tantangan, antara lain keterbatasan akses keuangan, kurangnya pengetahuan dan keterampilan manajemen, serta persaingan yang semakin ketat. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi UMKM di Karangrejo adalah banyak UMKM yang kesulitan dalam menghadapi tantangan dalam hal pemasaran dan branding. Maka dari itu tim pengabdian masyarakat FEBTD UNUSA membantu memberikan pelatihan dan pengerahan tentang bagaimana cara untuk mengembangkan UMKM. Salah satu cara yang dapat membantu UMKM untuk berkembang yaitu branding dan digital marketing produk pada UMKM.
Downloads
References
Chan, K. K. (2012). of the Opinion Leader : Characteristics A New Dimension, 19(3), 53–60. Christodoulides, G. (2009). Branding in the post-internet era. Marketing Theory, 9(1), 141–144. https://doi.org/10.1177/1470593108100071
Diarta, I., Lestari, P. and Dewi, I. (2017) ‘Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia’, JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), 4(2), pp. 170–187.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall
Kozinets, R. V, de Valck, K., Wojnicki, A. C., & Wilner, S. J. . (2010). Networked Narratives: Understanding Word-of-Mouth Marketing in Online Communities. Journal of Marketing, 74(2), 71–89. https://doi.org/10.1509/jmkg.74.2.71
Labrecque, L. I., vor dem Esche, J., Mathwick, C., Novak, T. P., & Hofacker, C. F. (2013).
Consumer power: Evolution in the digital age. Journal of Interactive Marketing, 27(4), 257–269. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.09.002
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.