Memahami Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis Bagi Pelaku UMKM di Desa Karangrejo Kediri

Authors

  • Reizano Amri Rasyid Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Azmil Chusnaini Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

Keywords:

Branding, Marketing, Social Media, Promotion, UMKM

Abstract

Salah satu sektor ekonomi yang sangat penting di Indonesia adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau biasa disebut (UMKM). Pada tahun 2022 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat sekitar 64 juta unit UMKM di Indonesia, yang menyumbang sekitar 61,1% dari total tenaga kerja nasional dan memberikan kontribusi sebesar 60,34% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Meskipun begitu, UMKM di Indonesia masih mengalami berbagai permasalahan yang perlu diatasi untuk meningkatkan kinerjanya. UMKM di Indonesia sangat beragam, mulai dari sektor pertanian, perikanan, industri kreatif, hingga jasa. Meskipun demikian, UMKM masih menghadapi berbagai tantangan, antara lain keterbatasan akses keuangan, kurangnya pengetahuan dan keterampilan manajemen, serta persaingan yang semakin ketat. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi UMKM di Karangrejo adalah banyak UMKM yang kesulitan dalam menghadapi tantangan dalam hal pemasaran dan branding. Maka dari itu tim pengabdian masyarakat FEBTD UNUSA membantu memberikan pelatihan dan pengerahan tentang bagaimana cara untuk mengembangkan UMKM. Salah satu cara yang dapat membantu UMKM untuk berkembang yaitu branding dan digital marketing produk pada UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chan, K. K. (2012). of the Opinion Leader : Characteristics A New Dimension, 19(3), 53–60. Christodoulides, G. (2009). Branding in the post-internet era. Marketing Theory, 9(1), 141–144. https://doi.org/10.1177/1470593108100071

Diarta, I., Lestari, P. and Dewi, I. (2017) ‘Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia’, JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), 4(2), pp. 170–187.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall

Kozinets, R. V, de Valck, K., Wojnicki, A. C., & Wilner, S. J. . (2010). Networked Narratives: Understanding Word-of-Mouth Marketing in Online Communities. Journal of Marketing, 74(2), 71–89. https://doi.org/10.1509/jmkg.74.2.71

Labrecque, L. I., vor dem Esche, J., Mathwick, C., Novak, T. P., & Hofacker, C. F. (2013).

Consumer power: Evolution in the digital age. Journal of Interactive Marketing, 27(4), 257–269. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.09.002

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Reizano Amri Rasyid, & Azmil Chusnaini. (2024). Memahami Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis Bagi Pelaku UMKM di Desa Karangrejo Kediri. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 602–607. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/snpm/article/view/1323