Pentingnya Pemahaman Manajemen Risiko Pada UMKM di Desa Karangrejo Kediri

Authors

  • Ninnasi Muttaqiin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Reizano Amri Rasyid Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

Keywords:

Manajemen, Manajemen Risiko, UMKM

Abstract

Desa Karangrejo memiliki potensi besar dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Perkembangan UMKM di Karangrejo Kediri telah masih belum mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Padahal desa ini memiliki potensi yang mendukung untuk terus berkembang, berbagai jenis usaha telah bermunculan di desa ini, seperti usaha makanan dan minuman, kerajinan tangan, serta industri kreatif. Sayangnya dari beberapa upaya tersebut, pemahaman tentang manajemen resiko dalam sebuah usaha kurang menjadi perhatian oleh Pemerintah Daerah Kota Kediri. Contoh yang nampak adalah para pelaku UMKM di Karangrejo, yang kurang memahami apa manfaat sebuah manajemen resiko, padahal peran dari sebuah manajemen resiko di dalam sebuah usaha sangatlah penting. Sebab UMKM yang notabene bergerak dalam dunia bisnis dengan skala kecil juga bisa terkena imbas dari perubahan kondisi ekonomi. Dalam rangka mengatasi permasalahan yang dihadapi UMKM di Karangrejo, Kediri mengenai pemahaman manajemen resiko, maka diperlukan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah, swasta, maupun masyarakat luas. Maka dari itu tim pengabdian masyarakat FEBTD UNUSA membantu memberikan pemahaman tentang bagaimana pentingnya sebuah pengelolaan resiko pada UMKM khususnya di daerah desa Karangrejo, Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basyaib, Fachmi. 2007. Manajemen Risiko. Jakarta: Grasindo.

Firmansyah, M. Anang dan Mahardika, Budi W. 2018. Pengantar Manajemen. Sleman: Deepublish.

I W. Wedana Yasa, I G. B. Sila Dharma, & I Gst. Ketut Sudipta. 2013. “Manajemen Risiko Operasional Dan Pemeliharaan Tempat Pembuangan Akhir (Tpa) Regional Bangli Di Kabupaten Bangli,” No. 2, Vol. 1 (2013).

Nadiah, Imas. 2017. Analisis Manajemen Risiko Kredit Sebagai Alat Untuk Meminimalisasi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi pada Bank PD. BPR Garut Cabang Blubur Limbangan). Universitas Pasundan Bandung.

Siahaan, Hinsa. 2009. Manajemen Risiko pada Perusahaan dan Birokrasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suprihanto, John. 2014. Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Susilo, Leo J. 2018. Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000:2018. Jakarta: Kompas Gramedia.

T. Sunaryo. 2007. Manajemen Risiko Finansial. Jakarta: Salemba Empat.

Tampubolon, Robert. 2004. Risk Management. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Utari, Dian Kartika. 2008. Analisis Manajemen Risiko (Risiko Operasional) dan Simulasi Monte Carlo di Industri Makanan Daging Olahan, Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Ninnasi Muttaqiin, & Reizano Amri Rasyid. (2024). Pentingnya Pemahaman Manajemen Risiko Pada UMKM di Desa Karangrejo Kediri . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 597–602. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/snpm/article/view/1322