RANCANG BANGUN APLIKASI LAYANAN KEPUASAN PASIEN di PUSKESMAS SUKODADI LAMONGAN BERBASIS WEBSITE

Authors

  • M Izzudin Farhans
  • Fajar Annas Susanto
  • Endang Sulistiyani

Keywords:

Layanan Kepuasan, Puskesmas, Rancang Bangun, Sistem Informasi

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 46 Tahun 2015 hal 14 bahwa puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal maka harus dikelola secara tepat, baik kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan. Oleh karena itu upaya peningkatan mutu, manajemen risiko dan keselamatan pasien perlu diterapkan pada pengelolaan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat. Puskesmas sukodadi dalam pelayanan kepada masyarakat melakukan evaluasi kepuasan pasien secara rutin, salah satunya melalui evaluasi dari hasil saran atau nilai kepuasan yang di dapat dari kotak saran dan kotak kepuasan yang telah disediakan. Berdasarkan permasalahan yang ada di puskesmas sukodadi terkait kotak kepuasan pasien yang masih manual dapat dikembangkan dengan membuat rancang bangun sistem informasi kepuasan pasien berbasis website yang dapat melakukan penialian terhadap 5 poli. Sistem informasi kepuasan pasien berbasis website akan dibangun dengan menggunakan tools sublime text 3 dengan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan framework Codeigniter (CI) dan dalam pengembangan sistem, peneliti menerapkan metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan aplikasi layanan kepuasan pasien berbasis website yang terdiri dari 6 penilaian yang dapat mempermudah pasien dalam memberikan penilaian layanan kepuasan serta membantu petugas kotak kepuasan dalam menganalisa atau menghitung hasil penilaian secara cepat. Hasil dari pengujian aplikasi terhadap pengguna bahwa pengguna setuju dengan manfaat yang diperoleh dari aplikasi layanan kepuasan dan mudah sekali untuk digunakkan serta layout dan tampilan aplikasi layanan kepuasn di puskesmas sukodadi sudah sesuai dengan yang diharapkan.

References

Bassil, Y. (2012). A Simulation Model For The Waterfall Software Development Life. International Journal of Engineering & Technology.

Darmawan, D. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Erawan, L. (2014). DASAR-DASAR PHP. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Fikri, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa.

Hakim, L. (2010). Membangun Web Berbasis PHP dengan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Lokomedia.

Hantoro, Y. M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Analisis Kepuasan Pelangan pada Lazizaa Chicken And Pizza Cabang Kusuma Bangsa Surabaya .

Hatmoko. (2006). Sistem Pelayanan Kesehatan Dasar Puskesmas. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok. Jurnal Khatulistiwa Informatika Vol.IV, No.2, desember 2016 .

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok. Jurnal Khatulistiwa Informatika.

Irmawati, S. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu.

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: penerbit.

Kurniastiti, I. (2019). Design and Implement an Application for Determination of Blood Chemistry . International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (iSemantic).

Lasminiasih. (2016). Perancangan Sistem Informasi Kredit Mikro Mahasiswa. Jurnal Sistem Informasi (JSI) Vol. 8, No. 1, April 2016, .

Lasminiasih. (2016). Perancangan Sistem Informasi Kredit Mikro Mahasiswa. Jurnal Sistem Informasi (JSI).

Madcom, A. d. (2011). Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan PHP MYSQL. Yogyakarta: Andi.

Naisamu, T. (2014). Perancangan sistem informasi index kepuasan masyarakat berbasis WEB (studi kasus : kantor pertahanan kota salattiga).

Nugrahanti, F. (2017). Rancang Bangun Basis Data Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Universitas PGRI Madiun.

Peraturan Mentri Kesehatan No 46 . (2015). Tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, tempat Praktik, Mandiri Dokter dan tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.

Peraturan Mentri Kesehatan RI No 75. (2014). Pusat kesehatan masyarakat.

Pressman, R. S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi .

Puspitasari, D. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis WEB. Jurnal Pilar

Nusa Mandiri Vol.XII, No.2 September 2016.

Puspitasari, D. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis WEB. Jurnal Pilar Nusa Mandiri .

Rohman, A. (2019). Rancang Bangun Sistem Pendataan Penduduk Berbasis Web di Desa Nepa Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang.

Shofa, R. n. (2019). Aplikasi Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sarana dan Prasarana dengan Metode Service Quality di Laboratorium Informatika Teori dan Pemrograman Dasar Universitas Siliwangi. 7.

Sidik, B. (2014). Pemrograman Web PHP. Bandung: Informatika.

Suendri. (2019). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol.03, No.01, November 2018.

Suendri. (2019). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika .

Sukodadi, P. (2019). Pedoman manual mutu. Lamongan.

Sukodadi, P. (2019). Pedoman Manual Mutu. Lamongan.

Widigdo, A. K. (2003). Dasar-dasar pemrogaman PHP dan MySQL. anonkuncoro.

Yanti, R. E. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Kepuasan Pasien di Puskesmas Halmahera Semarang untuk Mendukung Evaluasi Pelayanan.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Farhans, M. I. ., Susanto, F. A. ., & Sulistiyani, E. . (2021). RANCANG BANGUN APLIKASI LAYANAN KEPUASAN PASIEN di PUSKESMAS SUKODADI LAMONGAN BERBASIS WEBSITE. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1). Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/659