STUDI KESIAPAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA
Keywords:
kesiapan, pembelajaran daring, sistem informasi, UNUSAAbstract
Pandemi Covid-19 yang datang memaksa instansi pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran daring. Program
Studi (prodi) S1 Sistem Informasi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya merupakan salah satunya. Akan tetapi
berdasarkan hasil wawancara dengan Kaprodi S1 Sistem Informasi disebutkan bahwa sesuai dengan data pdpt unusa
per 1 Maret sampai 18 Mei 2020, diketahui bahwa persentase capaian pembelajaran daringnya masih 87,5 %.
Kondisi ini memperlihatkan bahwa kesiapan Prodi Sistem Informasi belum 100 %. Oleh karena itu, tujuan utama
penelitian ini adalah untuk melakukan studi kesiapan pembelajaran daring di prodi S1 Sistem Informasi. Hal ini
mengingat analisis kesiapan diperlukan sebagai titik awal dalam evaluasi pelaksanaan pendidikan di era digital.
Penelitian dilakukan dalam 5 tahap, yaitu eksplorasi kondisi perkuliahan offline dan online, identifikasi perubahan,
analisis kesiapan, dan identifikasi respon mahasiswa dan dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
perubahan seperti pembuatan kebijakan baru, penggunaan teknologi seperti zoom untuk menggantikan tatap muka
langsung, penyediaan infrastruktur berupa perangkat keras, lunak, dan jaringan, serta penyediaan anggaran untuk
pembelian kuota internet dari sisi finansial. Status kesiapan prodi S1 sistem informasi dalam pelakasanaan
pembelajaran daring adalah Not Ready, hanya membutuhkan persiapan beberapa aspek saja. Sebagai pelengkap,
diketahui bahwa respon mahasisa dan dosen untuk kesiapan prodi. Sebanyak 60,9% setuju bahwa Prodi Sistem
Informasi mempunyai visi mengenai pembelajaran daring dan 54,7% memilih tidak setuju bahwa prodi sistem
informasi mempunyai rencana jangka panjang untuk pelaksnaan pembelajaran daring. Sebanyak 43,8% tidak setuju
bahwa Prodi Sistem Informasi telah menyediakan program untuk meningkatkan pengetahuan. Sebanyak 62,5%
memilih netral terhadap penyediaan infrastruktur. Sebanyak 60,9% memilih setuju bahwa Prodi Sistem Informasi
sudah menyediakan teknologi yang terintegrasi. Sebanyak 59,4% memilih netral bahwa Prodi Sistem Informasi telah
menyediakan anggaran untuk pembelajaran daring.
References
Akamawa, A. (2020, april 1). Berita. From Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan: https://akamawa.unusa.ac.id/?p=1524
Asrori, M. (2020, Maret 24). Warta Daerah. From nu.or.id: https://www.nu.or.id/post/read/118187/terapkan-e-sorogan--perkuliahan-di-
unusa-tak-terganggu-virus-corona
Budairy, L. (2020, April 2). Press Release BEM FT UNUSA. (M. A. Rafly, Interviewer) Surabaya: BEM FT UNUSA.
Kementerian Riset, T. d. (2019). PJJ, E-Learning, & Blended Learning. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Lili Karmelia F. (2007.). Perubahan dan Pengembangan Organisasi. (Organizational Change and Development).
Pala, R. (2013., Dec.). Studi Kesiapan Pemerintah Kabupaten Maros dalam Pengimplementasian Sistem Informasi Kehadiran Pegawai Berbasis Elektronik. Pekommas, vol 16, no. 3, pp., pp. 169-176.
Purwandani, I. (2017). Analisa Tingkat Kesiapan E-Learning (E-Learning Readiness) Studi Kasus: Amik Bina Sarana Informatika Jakarta. Jurnal Bianglala Informatika, 102-107.
Saekow , A., & Samson , D. (2011). E- learning Readiness of Thailand’s Universities Comparing to the USA’s
Cases. International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 126-131.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyani, E. (2015). Perencanaan Strategi Manajemen Perubahan Penerapan Sistem Informasi Absensi Berbasis Fingerprint Pada Jurusan Sistem Informasi ITS Menggunakan Model Adkar. SURABAYA: ITS.
Susanto, F. A. (2020, Mei 18). Presentase Capaian Kuliah Daring Prodi SI. (E.Sulistiyani, Interviewer)
Tsani, I., Efendi, R., & Sufirmansyah. (2020). Evaluasi kesiapan lembaga pendidikan tinggi Islam dalam menghadapi era digital . Ta'dibuna, 19-33.