EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE SIPENERANG TAHURA RADEN SOERJO MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN

Authors

  • Asyrofil Umam
  • Fajar Annas Susanto

Keywords:

TAHURA R. Soerjo, Booking Online, Delone and Mclean

Abstract

Taman Hutan Raya Raden Soerjo (TAHURA R.Soerjo) mengeluarkan kebijakan kepada calon pendaki agar melakukan pemesanan secara online. Sejak november 2019 pihak Tahura Raden Soerjo mulai menerapkan website booking online selama satu bulan sebagai masa uji coba. Pada Desember 2019 sistem booking online pendakian Tahura Raden Soerjo telah diwajibkan. Namun sistem pendaftaran tersebut masih perlu dievaluasi terkait kepuasan layanan system. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan layanan website Sipenerang Tahura Raden Soerjo dengan menggunakan metode Delone and Mclean. Peneliti mengevaluasi kepuasan pendaki dengan menggunakan metode Delone and Mclean terdiri dari 6 variabel yaitu system quality, service quality, information quality, use, user satisfaction, dan net benefits. system quality memiliki 4 indikator, service quality memiliki 3 indikator, information quality memiliki 5 indikator, use memiliki 2 indikator, user satisfaction memiliki 2 indikator, dan net benefits memiliki 2 indikator. Masing-masing variabel dideskripsikan berdasarkan masing-masing indikator. Nilai variabel diperoleh dari nilai rata rata indikator yang dimiliki kemudian diuji terkait hubungannya. Hasil korelasi variabel yang memiliki signifikan yaitu hubungan antara information quality dengan use, information quality dengan user satisfaction, service quality dengan use, use dengan user satisfaction, user satisfaction dengan use, dan user satisfaction dengan net benefits. Hasil uji korelasi yang memiliki nilai korelasi tertinggi adalah hubungan service quality dengan use yaitu sebesar 0,317 atau signifikan pada level 0,002. Yang artinya hipotesis service quality dengan use memiliki hubungan dikarenakan website tahuraradensoerjo.or.id memberikan informasi yang bermanfaat dan memadai, dimana didalam website tahuraradensoerjo.or.id terdapat berbagai macam berita yang berisikan tentang informasi ter up to date seputar tahura raden soerjo.

References

Abdullah, Sarini, Susanto, & T. E. (2015). Statistika Tanpa Stress. Jakarta:

Transmedia Pustaka.

D.Budijanto, & Pusdatin. (2015). Dipetik April 2020, dari Populasi Sampling dan

Besar Sampling:

http://www.academia.edu/download/49799816/SAMPLING-DAN-BESAR-

SAMPEL.pdf

Delone.W, & McLean.E.R. (2003). The Delone and McLean Models Of

Information System Success. Journal of MIS .

Fatmala, a. (2018). Evaluasi Kepuasan Layanan Website Booking Online TNBTS

Meenggunakan Metode Webqual 4.0. Surabaya: Universitas Nahdlatul

Ulama' Surabaya.

Febrianto, E. (2017). Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak

Dalam Melaporkan SPP Di KPP Jayapura. KPP Jayapura .

Khalid, & Hasanov. (2015). The Impact Of Website Quality Online Pirchase

Intention Of Organic Food In Malaysia. A Webqual Approach Procedia

Computer Science .

Kotler, P. K. (2016). Marketing Manajement. London: Pearson Education.

Maryuliana, I. M., & S. F. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala

Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung

Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala

Likert. Jurnal Transistor EI .

Mohammad, I. (2015). Dalam Pengaruh Faktor Kualitas Situs Pada E-

Statisfaction: Study E-Loyalty Pelanggan Situs Detik.Com. Yogyakarta:

Universitas Gajah Mada.

Paramedik, D. B. (2016). Dipetik April 2020, dari

http://repository.ui.ac.id/contents/koleksi/11/7263bdba0cd59d61cd2ced60bc3c4cf

dd81ae.pdf

Permana, D. H. (2016). Desain Dan Pemrograman Website. Bandung:

PT.REMAJA ROSDAKARYA.

Puspitasari, AnNissa, & dkk. (2015). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Nilai

Yang Didepresikan. Jurnal Ilmu Administrasi.

Sanusi. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Siswaeddy, T. (2016). Dipetik April 2020, dari http://fe.untag-

banyuwangi.ac.id//attchments/articel/89/5TONY%20SISWAEDDY%20MOT.pdf

Soerjo. (2019). Profil Tahura. Diambil kembali dari tahuraradensoerjo.or.id:

https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrxhWgAtrdeDzgA_B73RQx.;_ylu=X3oDMT

BycWJpM21vBGNvbG8Dc2czBHBvcwMxBHZ0aWQDBHNlYwNzcg/R

V=2/RE=1589126784/RO=10/RU=https%3a%2f%2ftahuraradensoerjo.or.id

%2f/RK=2/RS=liRKFlAWcHRDLGRQ.xVrMaWOM.0-

Winarno.S.T.M.Eng, Zaki.A, & Communtiy.S. (2017). Mudah Website Dan E-

Commerce Dengan Php Framework. Jakarta: PT ELEK MEDIA

KOMPUTINDO.

Zeithmal.V.A, Parasuraman.A, & Malhotra.A. (2016). Comceptual Framework

Form Understing A Service Quality Implication For Future Research And

Managerial Practice. Marketing Science Onstitute.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Umam, A. ., & Susanto, F. A. . (2021). EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE SIPENERANG TAHURA RADEN SOERJO MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1). Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/656