Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Balon Rumus Materi Luas dan Keliling pada Siswa Kelas IV

Authors

  • Inka Avianty Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ahmad Fandi Munshif SDN Jumputrejo Sidoarjo
  • Muzahidin SDN Jumputrejo Sidoarjo

Keywords:

hasil belajar, media pembelajaran, balon rumus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui media balon rumus pada siswa kelas IV-A SDN Jumputrejo. Metode yang digunakan yaitu jenis PTK kurt lewin yang memiliki 4 tahapan yaitu yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV-A SDN Jumputrejo Sidoarjo. Penelitian inidilakukan  menggunakan teknik analisis data kuantitatif yang menggambarkan hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui tes evaluasi yang diberikan setelah materi pembelajaran pada setiap siklus satu dan dua. Hasil penelitian ini menyatakan terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa kelas IV-A yang diperoleh peningkatan hasil belajar dari  siklus satu ke siklus dua. Hasil belajar siswa mengalami ketuntasan pada siklus satu sebesar 60,7% atau 20 siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus dua mencapai 84,8% atau 28 siswa. Berlandaskan data presentase tersebut pada siklus satu ke siklus dua mengalami peningkatan sebanyak 24,1%. Dengan ini telah mencapai peningkatan dalam indikator penelitian.

References

Astra, I. (2012). Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(2), 174.

Miftahussurur. (2016). Penıngkatkan Hasıl Belajar Menggunakan Medıa Vıdeo Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin , Vol. 16, No. 1, Juni 2016 (31-36).

Permatasari, C. (2020). Penıngkatan Hasıl Belajar Melaluı Medıa Aplıkası. Ncu.(1-12)

Riana, C. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prisma.

Sudjono, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Indeks.

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Avianty, I., Akhwani, Munshif, A. F., & Muzahidin. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Balon Rumus Materi Luas dan Keliling pada Siswa Kelas IV. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 404–408. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1092

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>