Penggunaan Media Papan Jusun (Penjumlahan Bersusun) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Kelas I SDN Keboansikep 1
Keywords:
peningkatan, hasil belajar, media papan penjumlahanAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan setelah penggunaan media papan jusun (penjumlahan bersusun). Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas I SDN Keboansikep 1. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui beberapa teknik, meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dan hasilnya menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Rerata nilai siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II secara berturut adalah 40, 70,5, dan 84,5. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus , siklus I,dan siklus II secara berturut adalah 10%, 60%, dan 85%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 SD pada materi penjumlahan setelah menggunakan media papan jusun (penjumlahan bersusun).
References
Mufron, Ali. (2013). Ikmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Lingkar Media.
Pratama. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Kantong Bilangan pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Karangsari, Kulon Progo. Skripsi, Univeristas Negeri Yogyakarta.
Prihandoko. (2003). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Taufiq, dkk. (2012). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Eva Nur Rosyidah, M. Sukron Djazilan, Rachmad Andriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.