Penerapan Pendekatan Realistic Matematic Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I SD

Authors

  • Muhammad Shokhid Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Tri Widyati SDN Krian 4 Sidoarjo
  • Mudjiadi SDN Krian 4 Sidoarjo

Keywords:

Realistik Matematic Education (RME), Hasil Belajar, Aktivitas

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I di SDN Krian 4 Sidoarjo pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Matematic Education (RME). Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi tingkat penguasaan peserta didik terhadap mata pelajaran matematika lebih rendah daripada mata pelajaran lainnya dengan hasi UH 10 anak dibawah KKM sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil pembelajaran dengan penerapan pendekatan pembelajaran Realistik Matematic Education (RME) dengan perbaikan aktivitas guru dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dari siklus I sebesar 57,1% menjadi 82,9% pada siklus II, peningkatan tersebut dikarenakan perbaikan pembelajaran pada pengolahan kelas dalam memfokusan peserta didik, penggunaan media realistik matematika yang lebih kongkrit dan sering ditemui peserta didik, dan ice breaking untuk menangani kebosanan sehingga meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan hasil belajar mengalami peningkatan dari ketuntasan awal di siklus I sebesar 50% menjadi 85% di siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan penerapan pendekatan Realistik Matematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 di SDN Krian 4 Sidoarjo.

References

Candra, Chisara. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Matematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika. (http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika , diakses pada tanggal 2 April 2023 pukul 08.20 pagi).

Kurniawan. 2012. Realistic Mathematics Education. Jakarta: Airlangga.

Muchib, M. (2018). Penerapan model PBL dengan video untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25. (https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356 diakses pada tanggal 2 April 2023 pukul 08.30 pagi).

https://www,kompas.com (diakses pada tanggal 2 April 2023 pukul 08.00 pagi).

Rizki, Ananda (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Matematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Vol.2, No (1), pp. 125-133.

Supinah. (2021). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Shokhid, M., Akhwani, Widyati, T., & Mudjiadi. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Matematic Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I SD. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 240–245. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1096

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>