Pelatihan Pengembangan Assesmen HOTS

Authors

  • Muslimin Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.913

Keywords:

HOTS, Asesmen, Berpikir, Keterampilan

Abstract

Asesmen adalah proses mengumpulkan informasi, menganalisis informasi, sebagai dasar membuat keputusan. Keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills= HOTS), adalah kegiatan mental yang terjadi pada saat seseorang dihadapkan pada masalah kompleks yang harus diselesaikan. Dengan demikian asesmen HOTS adalah tugas-tugas kompleks yang dihadapkan pada peserta didik, agar mereka menyelesaikannya menggunakan proses berpikirnya. Mengembangkan asesmen HOTS memerlukan keterampilan khusus yang harus dilatihkan. HOTS dan asesmennya dilatihkan melalui pembelajaran dengan arahan, di mana seseorang belajar melalui pengamatan terhadap perilaku model (modeling) dan pelatihan berjenjang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ai Choo Ong. Garry D. Borich. 2006. Teaching Stratrgies That Promote Thinking. Model and Curriculum Approach.New York: McGrawHill Book.

Conklin. Wendy.2012. High Order Thinking Skills to Develop 21st Learners. Huttington Beach: Shell Educational Publishing, Inc.

Ibrahim Muslimin, M.Thamrin Hidayat, dan Nafiah 2021. Laporan Pelaksanaan PKM Pengembangan Asesmen HOTS pada Guru-guru di Kabupaten Magetan

Johnson, David W.and Roger T. Johnson. 2002. Meaningful Asesmen: Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn and Bacon.

William, Bruce. 2015. Higher Order Thinking Skills: Challenging All Students to Achieve. New York: Sky Horse Publishing.

Downloads

Published

2022-04-14

How to Cite

Muslimin Ibrahim, Muhammad Thamrin Hidayat, & Nafiah. (2022). Pelatihan Pengembangan Assesmen HOTS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 114–120. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.913