Pelatihan Pengembangan Assesmen HOTS
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.913Keywords:
HOTS, Asesmen, Berpikir, KeterampilanAbstract
Asesmen adalah proses mengumpulkan informasi, menganalisis informasi, sebagai dasar membuat keputusan. Keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills= HOTS), adalah kegiatan mental yang terjadi pada saat seseorang dihadapkan pada masalah kompleks yang harus diselesaikan. Dengan demikian asesmen HOTS adalah tugas-tugas kompleks yang dihadapkan pada peserta didik, agar mereka menyelesaikannya menggunakan proses berpikirnya. Mengembangkan asesmen HOTS memerlukan keterampilan khusus yang harus dilatihkan. HOTS dan asesmennya dilatihkan melalui pembelajaran dengan arahan, di mana seseorang belajar melalui pengamatan terhadap perilaku model (modeling) dan pelatihan berjenjang.
Downloads
References
Ai Choo Ong. Garry D. Borich. 2006. Teaching Stratrgies That Promote Thinking. Model and Curriculum Approach.New York: McGrawHill Book.
Conklin. Wendy.2012. High Order Thinking Skills to Develop 21st Learners. Huttington Beach: Shell Educational Publishing, Inc.
Ibrahim Muslimin, M.Thamrin Hidayat, dan Nafiah 2021. Laporan Pelaksanaan PKM Pengembangan Asesmen HOTS pada Guru-guru di Kabupaten Magetan
Johnson, David W.and Roger T. Johnson. 2002. Meaningful Asesmen: Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn and Bacon.
William, Bruce. 2015. Higher Order Thinking Skills: Challenging All Students to Achieve. New York: Sky Horse Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muslimin Ibrahim , Muhammad Thamrin Hidayat, Nafiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.