Pembinaan Karakter Sopan Santun Siswa Usia Sekolah Dasar Melalui Media Powerpoint di Nafisa Foundation
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v4i2.1555Keywords:
pembinaan, karakter, sopan santun, power pointAbstract
Pembinaan karakter sopan santun di kalangan anak-anak usia sekolah dasar sangat penting untuk membentuk kepribadian yang baik dan bertanggung jawab. Pendidikan karakter adalah proses transformasi nilai yang ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang sehingga menjadi satu dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Nafisa Foundation dengan menggunakan media PowerPoint sebagai metode utama untuk membina karakter sopan santun. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai sopan santun pada siswa. Metode yang digunakan meliputi tahapan pra-kegiatan, implementasi, evaluasi, serta tindak lanjut. Program melibatkan 50 anak usia sekolah dasar dari berbagai sekolah di sekitar Driyorejo, Gresik. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar anak memiliki pemahaman yang kurang tentang sopan santun, di mana hanya 5% yang berada pada kategori "Sangat Baik," sedangkan 68% berada di kategori "Baik" dan 27% pada kategori "Cukup Baik." Setelah program pembinaan, hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 83% anak mencapai kategori "Sangat Baik" dan 17% berada di kategori "Baik." Ini menunjukkan bahwa pendekatan dengan media PowerPoint sangat efektif dalam mentransfer nilai-nilai sopan santun pada siswa. Kesimpulan dari program ini adalah penggunaan media interaktif seperti PowerPoint dapat menjadi metode alternatif yang inovatif untuk pembinaan karakter, terutama di era digital saat ini. Program ini diharapkan dapat terus diterapkan dan dikembangkan di berbagai lembaga pendidikan lainnya. Selain itu, partisipasi aktif guru dan orang tua sangat penting untuk memastikan keberlanjutan implementasi karakter sopan santun dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Downloads
References
Djazilan, S., Nafiah, & Mariati, P. (2023). Pembinaan Karakter Sopan Santun Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Dzikir. Indonesia Berdaya, 5(1), 93–100.
Esmael, D. A., & Nafiah, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16–34. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/4161
Rahmatiani, L. (2020). Pendidikan Karakter sebagai Pembentuk Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Kewarganegaraan, 87–94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

