Pendampingan Pembuatan Pisang Aromatik Jatimlerek Plandaan Jombang

Authors

  • Bambang Setyobudi Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Indonesia
  • Zahrul Jihad Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Indonesia
  • Dina Eka Shofiana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1293

Keywords:

PisangAromatik , Jatimlerek.

Abstract

Pada umumnya masyarakat di Desa Jatimlerek bermata pencaharia sebagai petani, karena menurut mereka pekerjaan itu cocok untuk merekasehingga penghasilannya kurang berkembang. Namun ada seseorang yang memiliki keinginan untuk berwirausaha yaitu mengolah pisang menjadi produkyang lebih bernilai dipasaran yaitu menjadi pisang aromatik . Dalam pengolahan pisang tersebut warga hanya memproduksi buah pisang saja sedangkan limbah dari pisang dibuang dan dibuat makan binatang ternak. Disinilah muncul ide pembuatan program pengabdian kepada masyarakat untuk memanfaatkan limbah kulit menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual. Dengan adanya sosialisasi ini maka bisa merubah pemikiran dan mengurangi pisang mentah yang belum di kembangkan . Dan limbah yang ada disekitarnya dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efesien. Setelah mengurangi limbah di desa tersebut sosialisasi ini juga dapat meberikan ilmu pengetahuan yang sebelumnya belum dimiliki, dengan masyarakat mempunyai pengetahuan mengolah pisang maka disitu muncul alternatif pekerjaan baru tanpa menggangu aktifitas setiap hari. Dilihat dari kandungan dalam kulit pisang banyak berguna untuk tubuh manusia, selain itu kulit pisang juga bisa dijadikan salah satu sumber makanan juga produk lainnya yang berharga ekonomis, yaitu sebagai pisang aromatik. Dengan mengolah pisang pemuda-pemudi di desa tersebut menjadi lebih kreatif dan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru untuk pengangguran di Desa Jatimlerek, supaya menganggkat perekonomian didesa,khususnya di bidang wirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Kabupaten Jombang 2017. Data pengusaha kecil Jombang. BPS. Jombang Ciputra. 2009. Solusi Job Creation di Tengah Krisis Global. SK Indopos (Sabtu 21 Pebruari 2009).Surat Kabar Harian. Jakarta.

Frinces, Z.H. 2009.Globalisasi: Respon Terhadap Ekonomi Global, Yogyakarta: Mida Pustaka.

Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis. Yogyakarta: Darusalam. Joewono.H. 2011. Strategi Pengembangan Kewirausahaan Nasional: Sebuah Rekomendasi Operasional. Jurnal Infokop. (Vol. 19): 1-23.

Kasmir. 2007. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

P. Kolter dan K.L. Keller. 2009. Manajeman Pemasaran Jilid I. Edisi 13. Erlangga

Kumorotomo, W. 2008.Perubahan Paradigma Pemerintah dalam Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.www.kumoro.staff.ugm.ac.id Diakses tanggal 19 Maret 2012.

Rasyid, R. 2007. Keterkaitan Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan UKM di Sumatera Barat.Jurnal Eksekutif. (Vol.4 No. 2): 217-230.

Rudiansyah.2008. Pengaruh Modal Sosial Terhadap Pertalian Usaha Klaster Pariwisata Borobudur.Penelitian. Universitas Diponegoro. Semarang

Salim, A. 2006. Bangunan Teori Metodologi Penelitian untuk Bidang Sosial, Psikologi dan Pendidikan. Jogyakarta: Penerbit Tiara Wacana

Tambunan, T T.H. 2003.Perekonomian Indonesia: Beberapa Masalah Penting. Jakarta: Ghalia Indonesia

Ully Th, L.R.R. 2012.Menciptakan dan Mengembangkan Jiwa Entrepreneur.Makalah Disampaikan Dalam Seminar Nasional Competitive Advantage II Tanggal 14 Juli 2012.UNIPDU.Jombang.

Data Desa Jatimlerek Kecamatan Plandaan Jombang

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Bambang Setyobudi, Zahrul Jihad, & Dina Eka Shofiana. (2023). Pendampingan Pembuatan Pisang Aromatik Jatimlerek Plandaan Jombang . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 548–553. https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1293