Pendampingan Pengolahan Dan Manajemen Bank Sampah Desa Ploso Kerep Kecamatan Sumobito

Authors

  • M. Imsin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Indonesia
  • Dina Eka Shofiana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1292

Keywords:

Pendampingan , pengelolaan, manajemen bank sampah

Abstract

Dalam Hal ini P2KTD Unipdu memperoleh 2 Bidang Fokus yaitu Pertama Layanan P2KTD bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik desa dalam pendukung pengembangan Produk Unggulan Desa (Prudes) dan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (prukades) serta BUM Desa atau BUM Desa Bersama. Bentuk penyedia layanan teknis pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan dapat berupa analisis dan identifikasi sumberdaya lokal, analisis keberlanjutan usaha, pengembangan SDM dan kelembagaan, pengembangan produksi, dan mata rantai usaha (market chain) yang dikelola secara mandiri, serta pengelolaan keuangan mikro.  Wirausahawan Sosial adalah individu yang memberikan solusi inovatif untuk menyelesaikan permasalahan sosial di masyarakat Desa dengan menawarkan ide kreatif berorientasi bisnis. Misalnya: pengelolaan sampah, pengelolaan air bersih, pemanfaatan biogas, dan produk daur ulang, dan desa wisata. Bentuk kegiatan layanan teknis Pengembangan Sumber Daya Manusia dapat berupa pelatihan dan bimbingan untuk mendorong kemandirian Desa dalam memberikan pelayanan sosial dasar yang berkualitas (seperti: Posyandu Mandiri, Pengelolaan PAUD), serta menumbuhkan kewirausahaan sosial di desa Manajemen pengelolaan bank sampah menjadi utama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Profil Bank Sampah Indonesia, 2013, Kementrian Lingkungan Hidup.

Kaswan. (2019). Perubahan Dan Pengembangan Organisasi. Bandung: Yrama Widya.

Abdillah, M. B., Hakim, R. M. A., Damiri, D. M., & Zahra, F. (2018). Analisis strategi bisnis pada UMKM kerajinan bambu di Kota Bandung. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 2(3), 227-242.

Merliana, V., & Arismutia, S. A. (2018). Pengaruh Strategi Biaya Rendah,Diferensiasi, dan Motivasi Terhadap Keberhasilan UKM. Jurnal Indonesia Membangun, 135-137.

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

M. Imsin, & Dina Eka Shofiana. (2023). Pendampingan Pengolahan Dan Manajemen Bank Sampah Desa Ploso Kerep Kecamatan Sumobito. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 541–547. https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1292