Peran Entrepreneurial Education dalam Membangun Minat Berwirausaha pada Santri Asrama X Hurun Inn Darul ‘Ulum Peterongan Jombang

Authors

  • Riska Ayunin Nandova Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum, Jombang, Indonesia
  • Dina Eka Shofiana Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum, Jombang, Indonesia
  • Ririn Susilawati Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum, Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v5i2.1549

Keywords:

Entrepreneurial Education; Kewirausahaan; Minat Berwirausaha; Pesantren; Santri

Abstract

Cara pemerintah mendorong pertambahan wirausaha di Indonesia adalah dengan mendorong banyak lembaga pendidikan untuk memasukkan  pendidikan kewirausahaan ke dalam kurikulum mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman santri tentang kewirausahaandan peran entrepreneurial education dalam membangun minat berwirausaha pada santri asrama x hurun inn. Dalam upaya mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, penelitian ini mengkaji apakah pembelajaran kewirausahaan dan praktik secara langsung yang telah di dapatkan di sekolah dapat mempengaruhi minat para santri tersebut dalam berwirausaha kedepannya atau setelah lulus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh melalui hasil wawancara dengan santri Asrama X Hurun Inn yang bersekolah di MAN 2 Jombang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Entrepreneurial education berperan dalam membangun minat berwirausaha pada santri Asrama X Hurun Inn yang bersekolah di MAN 2 Jombang terbukti dari ketiga informan yang tertarik untuk berwirausaha. Santri mulai menunjukkan ketertarikan yang nyata untuk menjalankan usaha kecil, terutama sebagai respons terhadap peluang waktu luang setelah lulus sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Makassar : CV. Syakir Media Press. CV. Syakir Media Press.

Budi, B., & Fensi, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–9.

Cui, J., & Bell, R. (2022). Behavioural entrepreneurial mindset: How entrepreneurial education activity impacts entrepreneurial intention and behaviour. International Journal of Management Education, 20(2).

Fahham, A. M. (2020). Pendidikan pesantren: pola pengasuhan, pembentukan karakter dan perlindungan anak. Jakarta : Public Instiuit Jakarta.

Mahdi, A. (2013). Sejarah Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islamic Review, II(1), 1–20.

Michel, M., & Liguori, E. (2016). Annals of Entrepreneurship Education and Pedagogy. Massachusetts : Edward Elgar Publishing.

Ranto, dwi wahyu pril. (2016). Membangun Perilaku Entrepreneur Pada Mahasiswa Melalui Entrepreneurship Education. Jbma, 3(1), 79–86.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4).

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Bantul : Penerbit KBM Indonesia.

Simanihuruk, P., Tamba, D., & Sagala, R. (2021). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif Dan Kontrol Perilaku Yang Dirasakan Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behaviour (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unika Santo Thomas Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20, 98–112.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Supeni, R. E., & Efendi, M. (2017). Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha pada Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis (NSAPER-EBIS 2017), 1, 449–463.

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

Riska Ayunin Nandova, Dina Eka Shofiana, & Ririn Susilawati. (2025). Peran Entrepreneurial Education dalam Membangun Minat Berwirausaha pada Santri Asrama X Hurun Inn Darul ‘Ulum Peterongan Jombang. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 5(2), 100–109. https://doi.org/10.33086/snpm.v5i2.1549