Pelatihan Kader Dalam Peningkatan Status Kesehatan

Authors

  • Difran Nobel Bistara Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Arif Helmi Setiawan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Umi Hanik Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Hafid Algristian Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Susanti Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Adi Husada, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.956

Keywords:

Kader, Kesehatan, Penyakit Degeneratif, APEMEKIDA

Abstract

Latarbelakang. Kesehatan merupakan asset masa depan dan merupakan modal terciptanya hidup yang sejahtera. Agar status kesehatan dapat diraih, perlu dilakukan upaya pencegahan penyakit dengan mengurangi atau menghilangkan faktor resiko penyakit, diantaranya pada tingkat pertama adalah melakukan pengontrolan dan pengecekan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol. Metode. Metode yang akan diterapkan adalah model Participatory Tecnology Development dan educative yaitu dengan pemberian edukasi kepada kader terkait penyakit degeneratif yang sering dialami oleh lansia, pelatihan pemeriksaan kimia darah dan juga penggunaan teknologi berupa pelatihan penggunaan Aplikasi Penentuan Pemeriksaan Kimia Darah (APEMEKIDA). Hasil dan Pembahasan. Terdapat peningkatan pengetahuan yang semula pengetahuan cukup 10 orang kader (66,7%) menjadi pengetahuan baik 13 orang kader (86,7%). Dan seluruh kader 15 orang (100%) memiliki kemampuan mandiri dalam mengaplikasikan APEMEKIDA. Kesimpulan. Aplikasi Penentuan Pemeriksaan Kimia Darah (APEMEKIDA) merupakan media yang tepat untuk monitoring kesehatan warga di wilayah Rukun Warga (RW) 08 Kelurahan Wonokromo Kecamatan Wonokromo Surabaya. Selanjutnya, diharapkan aplikasi ini bisa di download di playstore secara mudah sehingga dapat dimanfaatkan secara mandiri oleh seluruh masyarakat untuk monitoring kesehatan secara kontinyu guna mempertahankan kualitas hidup secara optimal.

              

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bistara, Difran Nobel & Susanti. 2018. Hubungan Pola Makan Dengan Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus. Jurnal Kesehatan Vokasional (JKESVO), Volume 3 Nomor 1 Mei 2018 Halaman 29-34. https://jurnal.ugm.ac.id/jkesvo/article/view/34080

Bistara, Difran Nobel. 2019. Pengaruh Acceptance and Commitment Therapy (ACT) Terhadap Pengendalian Kadar Gula Darah Penderita DM Tipe 2. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing). Volume 5 Nomor 2 September 2019 Halaman 143-151. http://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jikep/article/view/424

Gafur, H. (2015). Mahasiswa & Dinamika Dunia Kampus. Rasibook.

Indawati, e., & Mulyanto, t. (2019). Kegiatan Pengecekkan Gula Darah, Asam Urat, Golongan Darah, Dan Senam Bersama Pada Warga Kranji. Jurnal Antara Abdimas Keperawatan, 2(2), 37-42.

Khasanah, U., Puspitaningrum, D., Rahmawati, A., Septiana, E. D., Maulida, E., Paradila, D. A., & Pertiwi, A. R. (2021). Stimulasi Kader Posyandu Lansia Di Dusun Teseh Kelurahan Mateseh Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 3(1), 19-24.

Tampake, R., Arianty, R., Mangundap, S. A., & Ra'bung, A. S. (2022). Edukasi Kader Kesehatan dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Kader dalam Deteksi Dini Stunting dan Faktor Resiko Stunting pada Balita: Health Cadre Education in Efforts to Improving Capability in Early Detection of Stunting Risk Factors. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 100-112.

Zaenurrohmah, D. H., & Rachmayanti, R. D. (2017). Hubungan pengetahuan dan riwayat hipertensi dengan tindakan pengendalian tekanan darah pada lansia. Stroke, 33(46.1), 67.

Downloads

Published

2022-11-27

How to Cite

Bistara, D. N. ., Setiawan, A. H. ., Hanik, U. ., Algristian, H. ., & Susanti, S. (2022). Pelatihan Kader Dalam Peningkatan Status Kesehatan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 146–155. https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.956

Most read articles by the same author(s)