Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Peserta Didik Kelas IV SDN Jumputrejo melalui Penggunaan Media Bola Misteri

Authors

  • Galih Clarantika Putri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Fandi Ahmad Munshif SDN Jumputrejo-Sidoarjo
  • Muzahidin SDN Jumputrejo-Sidoarjo

Keywords:

Bola misteri, Keterampilan menulis, Narasi

Abstract

Kemampuan mengungkapkan diri secara tertulis sangat dipengaruhi oleh perkembangan kemampuan menulis di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa dengan memperkenalkan media bola misteri di kelas. Media bola misteri penelitian ini didasarkan pada premis yang sama dengan media gambar berseri. Siswa kelas IV SDN Jumputrejo yang terdiri dari 17 perempuan dan 16 laki-laki berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan non eksperimen untuk mengumpulkan datanya. Penelitian ini menggunakan tes menulis narasi sebagai metode penilaiannya. Secara bersamaan, strategi nontes diterapkan melalui metode observasi, dengan lembar observasi yang mendokumentasikan aktivitas belajar siswa. Analisis kuantitatif kemudian dilakukan terhadap data yang terkumpul, dengan menghitung nilai rata-rata keterampilan menulis narasi dan persentase siswa yang telah mencapai ketuntasan klasikal menulis narasi. Studi ini menemukan bahwa pengetahuan klasik siswa secara keseluruhan dan kemampuan mereka untuk menulis narasi yang menarik meningkat sepanjang tahun. Dari rata-rata pra siklus sebesar 66,67, skor siswa siklus 1 sebesar 76,36 dan skor siklus 2 sebesar 82,72 menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis narasi mereka. Demikian pula, ada peningkatan yang cukup besar dalam tingkat penyelesaian klasikal dari 24% pada pra-siklus menjadi 76% pada siklus 1 dan 97% pada siklus 2. Kemampuan siswa untuk menulis narasi yang menarik meningkat sebagai hasil dari pemaparan mereka terhadap misteri. media bola.

References

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 147–158. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.959

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Dewi, N. K. A. R., Suara, I. M., & Zulaikha, S. (2014). Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Konkret Kegiatan Menganyam Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Kumara Jaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Dewiana. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Gambar Seri Siswa Kelas IV SD Negeri Bakalan. Basic Education, 5(5).

Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34.

Hasan, H. (2021). Peran Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(4), 169–175. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.99

Islamiah, D., Nurrahmah, Akbar, M. R., & Hairunisa. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN BAHASA , 12(1).

Mardhotillah, S., Surya, Y. F., & Zulfah, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 262–269. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1229

Marviyani. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Media Komik Pada Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Pedes Sedayu. Basic Education, 4(15).

Nugraha, Y., Sukmana, E., & Akbar, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(1), 19–26.

Sriyani, L., Ramdani, D., & Tandililing, E. (2013). Penggunaan Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V MIS Darul Ulum Sayan. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).

Sugiharti, R. E., & Anggiani, R. A. (2021). Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2).

Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 160–171.

Wahyudi, M., Madyono, S., & Mudiono, A. (2019). Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Keterampilan Menulis Narasi di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 27(1), 18–24.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Putri, G. C., Akhwani, Munshif, F. A., & Muzahidin. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Peserta Didik Kelas IV SDN Jumputrejo melalui Penggunaan Media Bola Misteri. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 290–295. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1054