Perilaku dan Budaya Santri sebagai Penguatan Promosi Kesehatan Di Pondok Pesantren

Authors

  • Wiwik Afridah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Agus Aan Adriyansyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Novera Herdiani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.993

Keywords:

Santri, Budaya, Perilaku, Bersih, Sehat, Harmonis

Abstract

Pesantren sebagai sub-kultur masyarakat, sangat berperan dalam perkembangan dunia pendidikan. Sebagai Lembaga Pendidikan islam tertua, pesantren dituntut mampu memberikan solusi jernih terhadap setiap hentakan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Besarnya jumlah santri pada pondok pesantren, diharapkan mampu memberi kontribusi besar pula terhadap pembangunan khususnya sumber daya manusia.  Kehidupan di pondok pesantren akan menjadi bekal dan pembiasaan yang baik, khususnya dalam hal menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat. Masih banyaknya permasalahan kesehatan yang terjadi akibat kurangnya kesadaran dan pemahaman yang tinggi terhadap makna “bersih adalah sebagian daripada iman”, menjadikan program studi kesmas terpanggil berkontribusi  melalui integrasi mata kuliah yang menjadi keunggulan mewujudkan pondok pesantren bersih sehat harmonis di Jawa Timur (Bersahaja). Solusi yang ditawarkan pada kegiatan pengabdian terintegrasi ini, antara lain; 1) memberikan edukasi dasar – dasar PHBS kepada santri secara langsung, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terkait urgensi dari implementasi PHBS. 2) memberikan pendampingan terhadap pemilahan sampah dan pengelolaannya, dan 3) membudayakan perilaku bersih, sehat, harmonis (guyub, rukun, ramah anak) secara sinergi di setiap aktivitas yang ada di masing-masing pondok pesantren, melalui metode participatory educative and development model. Hasil dari kegiatan pengabdian terintegrasi ini mendapatkan respon dan antusiasme yang cukup tinggi. Dari pengalaman selama ini, kegiatan hanya dilakukan satu waktu saja, setelah itu tidak ada keberlanjutannya. Sementara, untuk kegiatan pengabdian terintegrasi ini akan berlangsung sepanjang tahun, dan akan dilanjutkan dengan Angkatan selanjutnya ketika masuk pada mata kuliah terkait.  Harapannya, santri akan membudaya secara baik, terhadap implementasi PHBS, sekaligus terus berikhtiar dalam promosi kesehatan kepada masyarakat secara umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, M. J. (2018). Sejarah perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah Banjarsari Buduran Sidoarjo (1986-2016). From 123dok: https://123dok.com/document/yjjo1lmy-sejarah-perkembanganyayasan-pondok-pesantren-banjarsari-buduran-sidoarjo.html

Afridah, W. (2019). Pengaruh Pendampingan Pendidikan Kesehatan Reproduksi terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Dalam Kehidupan Seksual Santriwati. Medical Technology and Public Health Journal, 3(2), 200-207.

Alfattah Buduran, P. (2021). Ponpes Al Fattah Sidoarjo Pendidikan dan Biaya. From Panduan Terbaik: https://panduanterbaik.id/ponpes-al-fattah- Sidoarjo.

Dwi Handayani, Abdul Hakim Zakkiy Fasya, Mursyidul Ibad, Wiwik Afridah (2021). Sosialisasi Aplikasi Siskestren (Sistem Informasi Survei Kesehatan Pondok Pesantren) Di Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya.

Elizabeth, M. Z. (2017). Program Pengelolaan Kebersihan Lingkungan di Pesantren. DIMAS, Vol 17, nomor 1, Hal 153-171

Hadi, Hasrul 2019, Pendampingan Pengelolaan Sampah Berbasis Sekolah dan Madrasah, Universitas Hamzanwadi.

Makful, N. A., & Pirawati, N. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Santri tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Penerapan PHBS di Pondok Pesantren Khusus Putri As-Syafi’iyah Jakarta Timur. Jurnal Afiat : Kesehatan Dan Anak, 5(1).

Rif’ah, E. N. (2019). Pemberdayaan Pusat Kesehatan Pesantren (Poskestren) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Warta Pengabdian, 13(3), 96–105. https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i3.11862.

Siswanto, H. (2021). Ponpes Al-Fattah Sidoarjo Raker Susun Buku Pedoman. From PWNU.co: https://pwmu.co/194315/05/31/ponpes-al-Fattah-Sidoarjo-raker-susun-buku-pedoman.

Subambang, Sriyanto, Darmawan 2018, Peningkatan Pengetahuan Siswa/Siswi di Yayasan Salsabila Medan Labuhan Desa Binaan Mengenai Pengelolaan Sampah dan Management Bank Sampah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Kirana.

Widiyanto, Agnes Fitria, dkk 2017, Efektivitas Pelatihan Tentang Pengolahan Sampah Padat Organik Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Ibu dalam Mengolah Sampah, Jurnal Kesmas Indonesia, Vol 9 No 1, Juli 2017 hal 11-24.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Afridah, W. ., Adriyansyah, A. A. ., & Herdiani, N. . (2022). Perilaku dan Budaya Santri sebagai Penguatan Promosi Kesehatan Di Pondok Pesantren. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA, 2(1), 430–438. https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.993