Pelatihan Penulisan Persamaan Matematika dengan Equation Editor Microsoft Office Word di Desa Pragaan Daya Sumenep

Authors

  • Siti Khotijah Institut Sains dan Teknologi Annuqayah, Sumenep, Indonesia
  • Luluk Sarifah Institut Sains dan Teknologi Annuqayah, Sumenep, Indonesia
  • Ulfatul Husna Institut Sains dan Teknologi Annuqayah, Sumenep, Indonesia
  • Dina Raudhatul Jannah Institut Sains dan Teknologi Annuqayah, Sumenep, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.959

Keywords:

Microsoft Office Word, Equation Editor, MA Hidayatul Ulum, Persamaan Matematika, Desa Pragaan Daya Sumenep

Abstract

Membuat sebuah naskah dan dokumen memang mudah untuk dilakukan dengan Microsoft Office. Namun, jika suatu saat kita harus menuliskan suatu rumus saat pembuatan dokumen, Equation editor merupakan solusi supaya kita dapat memproses dokumen yang ingin dibuat dengan tambahan seperti pecahan, akar kuadrat, sigma. Equation editor adalah sebuah fitur yang memiliki kemampuan untuk memasukkan dan mengatur rumus secara mudah pada Micorosoft Office. Tombol ini biasanya digunakan dalam bidang perhitungan seperti matematika, kimia, teknik, fisika dan sebagainya. Berdasarkan hasil observasi, MA Hidayatul Ulum Pragaan Daya Sumenep merupakan lembaga pendidikan yang sebagian besar siswanya tidak memahami cara penulisan persamaan matematika, sehingga kami memberikan pelatihan persamaan penulisan matematika dengan Equation Editor Microsoft Office word. Pada pelatihan  ini, metode yang digunakan  berupa metode pendampingan dan pembimbingan pelatihan. Kegiatan pelatihan ini dikatakan berhasil karena 15 peserta dari 16 peserta mampu menuliskan persamaan matematika dengan baik dan benar. Luaran yang diperoleh dari pelatihan ini adalah menambah kemampuan keterampilan siswa  MA Hidayatul Ulum Pragaan Daya Sumenep dalam pengetikan tugas ataupun jawaban ujian menggunakan komputer yang mengharuskan penulisan persamaan matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sudrajat (2018). Peranan Ilmu Matematika dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Seminar sehari “The Power of Mathematics for all Aplications” HIMATIKA-UNIBA.

Hafni, R. (2021). Dampak Pandemi ccovid-19 terhadap Pendidikan Online. Seminar Nasional Edukasi dan Humaniora 2021 ke-1.

Downloads

Published

2022-11-27

How to Cite

Khotijah, S. ., Sarifah, L. ., Husna, U. ., & Jannah, D. R. . (2022). Pelatihan Penulisan Persamaan Matematika dengan Equation Editor Microsoft Office Word di Desa Pragaan Daya Sumenep. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA, 2(1), 183–188. https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.959