Workshop online bagi Guru SMP Bahasa Inggris Magetan untuk Mengajar Siswa Menulis Teks "Narrative" dengan Media Story Board

Authors

  • Edi Pujo Basuki Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Tiyas Saputri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Pance Mariati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.892

Keywords:

Storyboard, Writing Narratives, Online Teaching

Abstract

Pada Penelitian Internal UNUSA tahun 2020, penulis membuat penelitian dengan judul "Storyboard as Media of Writing Narratives for Online Teaching and Learning Process during the Lock down period of the virus convid-19 outbreak". Sebuah penelitian berbentuk Descriptif Qualitatif yang menjelaskan tentang salah satu alternatif media pengajaran yang bisa diterapkan di masa pandemi yang sering dalam bentuk daring. Dalam pengabdian masyarakat tahun 2021 ini, penulis menerapkan penelitian tersebut dalam bentuk workshop. Workshop ini penulis bergabung dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bertema besar "UNUSA PEDULI" yang dilaksanakan selama 2 minggu oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Magetan dan PGRI Magetan. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan sukses dan peserta diberikan sertifikat workshop. Luaran dari kegiatan ini adalah artikel pada jurnal SNPM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, B. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Teknik Papan Cerita (Storyboard) Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Minggir, Sleman. Skripsi S1 Prodi PBSI UNY.

Fithriani, T N. (2014). Keefektifan Strategi Wordless Picture Books Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mlati, Sleman. Skripsi S1. Yogyakarta: Prodi PBSI UNY.

Furwana, D., & Syam, A. (2019). Improving Students’ Writing Skill on Descriptive Text By Estafet Strategy of the Eleventh Year Students of SMA 4 Palopo. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1). doi:https://doi.org/10.24256/ideas.v7i1.722

Hasan,K.Md & Akhand, M.Mohd. (2010). Aprroaches to writing in EFL/ESL context: Balancing product and journal, 15(1-2):77

Masruddin, M., & Kurnia, K. (2018). Improving Students Writing Skill by Using Picture at the Twelfth Year Students of SMA Pesantren Modern Datok Sulaiman Putra Palopo. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 3(2). doi:https://doi.org/10.24256/ideas.v3i2.152

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Stamler, K. (2018) Learner Motivation and Persistence. New York: Cambrige University Press

Syafii, M. (2019). Improving the Quality in Writing Descriptive Texts of Madrasah Aliyah Students Through Directed Writing Activity Strategy. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(2). doi:https://doi.org/10.24256/ideas.v7i2.1027

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Basuki, E. P. ., Saputri, T. ., & Mariati, P. . (2022). Workshop online bagi Guru SMP Bahasa Inggris Magetan untuk Mengajar Siswa Menulis Teks "Narrative" dengan Media Story Board. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 924–930. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.892

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.