Pelatihan Pemanfaatan Quizizz Sebagai Alat Penilaian Online Untuk Menganalisis Kemampuan Grammar Bahasa Inggris

Authors

  • Tiyas Saputri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Beny Hamdani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Edi Pujo Basuki Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • M. Shodiq Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nafilatul Muzayyanah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.843

Keywords:

Pelatihan, Quizizz, Penilaian, Grammar

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan terjadinya beberapa perubahan di berbagai aspek kehidupan, salah satunya yaitu aspek pendidikan. Proses pembelajaran langsung berubah secara drastis dilakukan secara online untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Hal ini menuntut para dosen pengajar di tingkat perguruan tinggi untuk mampu menguasai pembelajaran online, termasuk mampu dalam hal mengevaluasi kemampuan mahasiswanya pada mata kuliah yang diampu. Kenyataannya, sebagian besar dosen maupun mahasiswa belum beradaptasi dengan baik dengan adanya sistem online, terutama yang tinggal di berbagai daerah terpencil, seperti yang dialami oleh salah satu dosen di salah satu universitas di daerah terpencil. Untuk itu, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diberikan pelatihan dalam pemanfaatan aplikasi Quizizz kepada para dosen (khususnya dosen pengampu Mata Kuliah Grammar 2) dan para mahasiswa di prodi tersebut. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah dengan pemaparan (ceramah), implementasi penggunaan Quizizz, praktik penugasan dan tanya jawab. Untuk mengevaluasi target luaran pelaksanaan program kegiatan dan keberlanjutan program ini, ketua dan tim membagikan questionnaire melalui aplikasi online untuk mendapatkan respon tingkat pemahaman dosen dan mahasiswa terhadap aplikasi Quizizz. Sedangkan untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan aplikasi online tersebut, mahasiswa diberikan pre-test dan post-test dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Hasilnya yaitu 96,67% (29 mahasiswa) yang paham tentang cara bergabung dan menjawab pertanyaan, sedangkan sisanya yaitu 3,3% (1 mahasiswa) dari 30 mahasiswa yang masih tidak paham. Dosen sebagai peserta pelatihan paham terhadap penggunaan aplikasi Quizizz terkait cara membuat kuis pertanyaan, memberi link/kode kuis dan melihat hasil evaluasi Grammar dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Hal itu dibuktikan dengan hasil diagram yang menunjukkan bahwa 100% (1 dosen) yang paham tentang cara cara membuat kuis pertanyaan, memberi link/kode kuis dan melihat hasil evaluasi Grammar dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Selain itu, hasil skor rata-rata pada pre-test menunjukkan bahwa skor yang dihasilkan adalah 48, sedangkan post-test menghasilkan rata-rata 79,67. Jika dilihat dari nilai sig yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pre-test dan post-test setelah diolah menggunakan SPSS IBM 20. Artinya terjadi peningkatan nilai karena nilai pre-test berbeda dengan posttest. Kegiatan semacam ini sebaiknya dilanjutkan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis Grammar dengan bentuk soal essay

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anak, E. (2021). The Effectiveness Of Interactive Learning Based on Quizizz Applications among Students of Tourism and Hospitality Marketing. 1(1), 6.

Citra, C. A. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz…. 8, 12.

Fakhruddin, A., & Nurhidayat, E. (2020). Students’ Perception on Quizizz as Game Based Learning in Learning Grammar in Writen Discourse. Wiralodra English Journal, 4(2), 28–38. https://doi.org/10.31943/wej.v4i2.101

Firman, Asfar, A. M. I. T., & Suhardiman. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Sebagai Sistem Fast Respond Evaluation. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 183–186.

Lungu, S., Matafwali, B., & Banja, M. K. (2021). Formative And Summative Assessment Practices By Teachers In Early Childhood Education Centres In Lusaka, Zambia. 8(2), 20.

Lusiani. (2020). Penggunaan Aplikasi Online Quizizz dalam Menganalisis Hasil Tes Kognitif Siswa Pada Materi Energi. SPEJ (Science and Phsics Education Journal), 4(1), 15–23. https://doi.org/10.31539/spej.v4i1.1637

Saputri, T., Khan, A. K. B. S., & Kafi, M. A. (2020). Comparison of Online Learning Effectiveness in the Ele During Covid-19 in Malaysia and Indonesia. PIONEER: Journal of Language and Literature, 12(2), 103. https://doi.org/10.36841/pioneer.v12i2.700

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Saputri, T. ., Hamdani, B. ., Basuki, E. P. ., Shodiq, . M. ., & Muzayyanah, N. . (2022). Pelatihan Pemanfaatan Quizizz Sebagai Alat Penilaian Online Untuk Menganalisis Kemampuan Grammar Bahasa Inggris. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 540–554. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.843