Sosialisasi Tentang Sifat Penyakit COVID-19 Yang Baru Diketahui di Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan

Authors

  • Meidyta Sinantryana W Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Winawati Eka P Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Yanis Kartini Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Umdatus Soleha Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Noer Farakhin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.858

Keywords:

COVID-19, Kesehatan, Pengetahuan, Pondok Pesantren

Abstract

Pondok Pesantren (Ponpes) adalah tempat berkumpulnya banyak orang sehingga rentan terjadi penularan penyakit, terutama penyakit yang sedang berkembang saat ini, yakni COVID-19. Sampai saat ini pada 08 November 2021, masih terdapat sekitar 4.248.409 kasus konfirmasi positif COVID-19. Banyak upaya yang dilakukan agar dapat meredam pandemi dengan cepat, dan sinergis antar segala aspek sangat diperlukan, salah satunya dengan peran bersama Ponpes. Penting bagi masyarakat di lingkungan Ponpes untuk memiliki pengetahuan yang baik mengenai kesehatan khususnya penyakit COVID-19 yang saat ini masih berkembang. Maka dari itu peneliti melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan santri Ponpes Al Hikam Bangkalan 2021 tentang sifat penyakit COVID-19 yang baru diketahui. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada bulan Juni 2021 ini dihadiri oleh 30 peserta dari Ponpes Al Hikam Bangkalan. Kegiatan yang dilakukan berupa webinar sosialisasi tentang sifat COVID-19 yang baru diketahui di Ponpes Al Hikam Bangkalan. Penelitian ini dilakukan secara observasional deskriptif untuk melihat pengetahuan peserta dengan dilihat dari antusiasme dan pemahaman yang ditangkap peserta. selama pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat didapatkan bahwa peserta sangat aktif untuk berinteraksi dengan pemateri, dari 30 peserta saat sesi tanya jawab muncul beberapa pertanyaan dari 11 peserta, mulai dari hal sederhana sampai dengan hal-hal yang lebih mendetail mengenai materi. Hal ini membuktikan bahwa antusiasme dan keingintahuan peserta mengenai materi sangat tinggi sebanyak 36.6%. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sangat membantu dalam meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya santri Ponpes Al Hikam Bangkalan tentang sifat Penyakit COVID-19 yang baru diketahui yang dapat dilihat dari tingginya antusiasme peserta selama acara berlangsung. Diharapkan hal ini dapat menjadi bekal para santri untuk menyebarkan pengetahuannya kepada masyarakat di sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anon. 2020. “GitHub - CSSEGISandData/COVID-19: Novel Coronavirus (COVID-19) Cases, Provided by JHU CSSE.” Dataset COVID-19.

Anon. n.d. “10 Bulan Pandemi, Pemerintah Terus Kerja Keras Dan Upayakan Pengadaan Vaksin COVID-19 - Berita Terkini | Covid19.Go.Id.”

Anon. n.d. “UPDATE 25 Februari: 157.705 Kasus Aktif Covid-19 Di Indonesia.”

CDC. 2017. Prevention Picture of America 2.

Demelo-Rodríguez, P., E. Cervilla-Muñoz, L. Ordieres-Ortega, A. Parra-Virto, M. ToledanoMacías, N. Toledo-Samaniego, A. García-García, I. García-Fernández-Bravo, Z. Ji, J. de-Miguel-Diez, L. A. Álvarez-Sala-Walther, J. del-Toro-Cervera, and F. GaleanoValle. 2020. “Incidence of Asymptomatic Deep Vein Thrombosis in Patients with COVID-19 Pneumonia and Elevated D-Dimer Levels.” Thrombosis Research 192:23–26.

Donsu, J. D. T. 2019. Psikologi Keperawatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemenkes RI. 2020. “3 Provinsi Ini Paling Tinggi Tingkat Penularan COVID-19.”Kemkes.Go.Id.

Léonard-Lorant, Ian, Xavier Delabranche, François Séverac, Julie Helms, Coralie Pauzet, Olivier Collange, Francis Schneider, Aissam Labani, Pascal Bilbault, Sébastien Molière, Pierre Leyendecker, Catherine Roy, and Mickaël Ohana. 2020. “Acute Pulmonary Embolism in Patients with COVID-19 at CT Angiography and Relationship to d-Dimer Levels.” Radiology 296(3):E189–91.

Muhammad Anwar Fathoni, Ade Nur Rohim. 2019. “Peran Pesantren Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Indonesia.” Proceeding Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) 2:133–40.

Notoatmojo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Zhang, Litao, Xinsheng Yan, Qingkun Fan, Haiyan Liu, Xintian Liu, Zejin Liu, and Zhenlu Zhang. 2020. “D-Dimer Levels on Admission to Predict in-Hospital Mortality in Patients with Covid-19.” Journal of Thrombosis and Haemostasis 18(6):1324–29.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Sinantryana W, M. ., Eka P, W. ., Kartini, Y. ., Soleha, U. ., & Farakhin, N. . (2022). Sosialisasi Tentang Sifat Penyakit COVID-19 Yang Baru Diketahui di Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 660–667. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.858

Most read articles by the same author(s)