Sosialisasi Program Vaksinasi COVID-19 dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Kerakyatan Selama Pandemi di Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan

Authors

  • Mustika Chasanatusy S Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Firdaus Firdaus Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Yurike Septianingrum Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Noer Farakhin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.859

Keywords:

COVID-19, Pengetahuan, Pondok Pesantren, Vaksinasi

Abstract

Pondok pesantren (ponpes) adalah tempat berkumpulnya banyak orang dimana rentan terjadi penularan penyakit, terutama yang sedang berkembang saat ini, yakni COVID-19. Sampai saat ini tidak ada satupun obat yang dapat menyembuhkan COVID-19. Virus akan selalu ada dalam tubuh, jika bukan kekebalan tubuh sendiri yang melawan dan menghancurkan virus-virus tersebut. Salah satu upaya meningkatkan kekebalan tubuh adalah melalui vaksinasi. Maka dari itu peneliti melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Ponpes tentang program vaksinasi COVID-19 dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Kerakyatan Selama Pandemi di Ponpes Al Hikam Bangkalan. Metode, pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada bulan Juni 2021 ini dihadiri oleh 30 peserta dari Ponpes Al Hikam Bangkalan. Kegiatan yang dilakukan berupa webinar sosialisasi tentang program vaksinasi COVID-19 dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Kerakyatan Selama Pandemi di Ponpes Al Hikam Bangkalan. Penelitian ini dilakukan secara observasional deskriptif untuk melihat respon peserta dengan dilihat dari antusiasme dan pemahaman yang ditangkap peserta. Hasil dan pembahasan, selama pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat didapatkan bahwa peserta sangat aktif untuk berinteraksi dengan pemateri, dari 30 peserta saat sesi tanya jawab muncul beberapa pertanyaan dari 10 peserta, mulai dari hal sederhana sampai dengan hal-hal yang lebih mendetail mengenai materi. Hal ini membuktikan bahwa antusiasme dan respon peserta mengenai materi sangat tinggi sebanyak 33.3%. Kesimpulan, Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat Ponpes tentang program vaksinasi COVID-19 dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Kerakyatan Selama Pandemi di Ponpes Al Hikam Bangkalan yang dapat dilihat dari tingginya antusiasme peserta selama acara berlangsung. Diharapkan hal ini dapat menjadi bekal para santri untuk menyebarkan pengetahuannya kepada masyarakat di sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anon. 2020. “GitHub - CSSEGISandData/COVID-19: Novel Coronavirus (COVID-19) Cases, Provided by JHU CSSE.” Dataset COVID-19.

Anon. n.d. “10 Bulan Pandemi, Pemerintah Terus Kerja Keras Dan Upayakan Pengadaan Vaksin COVID-19 - Berita Terkini | Covid19.Go.Id.”

Anon. n.d. “UPDATE 25 Februari: 157.705 Kasus Aktif Covid-19 Di Indonesia.”

Asmini, Asmini, I. Nyoman Sutama, Wahyu Haryadi, and Rosydah Rachman. 2020. “Manajemen Business Cycle Sebagai Basis Peluang Usaha Pasca Covid – 19: Suatu Strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat.” Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities 1(2):121–29.

CDC. 2017. Prevention Picture of America 2. Farisa, Fitria Chusna. 2021. “Jokowi: Indonesia Telah Memesan 329,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19.” Kompas.Com.

Kemenkes RI. 2020a. “3 Provinsi Ini Paling Tinggi Tingkat Penularan COVID-19.” Kemkes.Go.Id.

Kemenkes RI. 2020b. “Lakukan Protokol Kesehatan Ini Jika Mengalami Gejala Covid-19.” Kemkes.Go.Id.

Lu, Da-Yong, Hong-Ying Wu, Nagendra Sastry Yarla, Bin Xu, Jian Ding, and Ting-Ren Lu. 2018. “HAART in HIV/AIDS Treatments: Future Trends.” Infectious Disorders - Drug Targets 18(1):15–22.

Modjo, Mohammad Ikhsan. 2020. “Memetakan Jalan Penguatan Ekonomi Pasca Pandemi.” Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning 4(2):103–16.

Muhammad Anwar Fathoni, Ade Nur Rohim. 2019. “Peran Pesantren Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Indonesia.” Proceeding Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) 2:133–40.

Oxford Analytica. 2021. UK Economy Will Recover Quickly amid Vaccine Roll-Out. Oxford Analytica.

Salma. 2021. Understanding the Importance of COVID-19 Vaccines. Temgoua, Mazou Ngou, Francky Teddy Endomba, Jan René Nkeck, Gabin Ulrich Kenfack, Joel Noutakdie Tochie, and Mickael Essouma. 2020. “Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) as a Multi-Systemic Disease and Its Impact in Low- and Middle-Income Countries (LMICs).” SN Comprehensive Clinical Medicine 2(9):1377–87.

Yousefifard, Mahmoud, Alireza Zali, Kosar Mohamed Ali, Arian Madani Neishaboori, Afshin Zarghi, Mostafa Hosseini, and Saeed Safari. 2020. “Antiviral Therapy InManagement of COVID-19: A Systematic Review on Current Evidence.” Archives of Academic Emergency Medicine 8(1):1–9.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Chasanatusy S, M. ., Firdaus, F., Septianingrum, Y. ., & Farakhin, N. . (2022). Sosialisasi Program Vaksinasi COVID-19 dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Kerakyatan Selama Pandemi di Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 668–676. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.859

Most read articles by the same author(s)