Upaya Peningkatan Pengetahuan Pemberantasan Demam Berdarah Dengue Dengan Pengendalian Nyamuk Aedest Aigipty

Authors

  • Yauwan Tobing Lukiyono Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Thomas Sumarsono Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Imma Rachmawati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.856

Keywords:

Aedes Aegipty, DBD, Larva Trap, Prevalensi, Virus

Abstract

Penyakit DBD ( Demam Berdarah Dengue) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Sp. Prevalensi angka kejadian DBD di wilayah kelurahan medokan masih cukup tinggi. Berbagai Upaya telah dilakukan dalam menanggulangi kejadian Demam Berdarah mulai dalam tahap simulasi dan sosialisasi, namun upaya tersebut belum menunjukkan hasil maksimal. Perlu adanya tindakan sosialisasi mengenai pencegahan agar penyakit Demam Berdarah tidak terjadi kembali di wilayah kelurahan Medokan. Tujuan dari program ini adalah mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayah kelurahan medokan tentang bagaimana cara pemberantasan DBD dengan pengendalian nyamuk Aedes aegypti. Metode yang digunakan berupa penyuluhan interaktif, demonstrasi pembuatan larva trap dan evaluasi. Kegiatan berjalan dengan baik dan didapatkan hasil evaluasi yang cukup signifikan terjadi peningkatan pengetahuan warga berdasarkan hasil kuisioner yang telah dikumpulkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemenkes RI. 2016. Situasi Demam Berdarah Dengue di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. 2018. Situasi Penyakit Demam Berdarah di Indonesia Tahun 2017. Jakarta : Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Divy, Ni Putu Anindya, dkk., 2018. Karakteristik Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di RSUP Sanglah Bulan Juli-Desember Tahun 2014. E-Jurnal Medika, 7(7), pp. 1-7.

Jaweria, Anum, dkk., 2016. Dengue Fever: Causes, Prevention and Recent Advances. Journal of Mosquito Research, 6(29), pp. 1-9.

Najmah. 2016. Epidemiologi Penyakit Menular. Jakarta : Trans Info Media.

Pooja, Chawla, Yadav Amrita, dan Chawla Viney., 2014. Clinical Implications and Treatment of Dengue. Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, pp. 169-178.

Susanto, Bambang H., dan Aras U., 2018. Hubungan Faktor Lingkungan Institusi Pendidikan dan Perilaku Siswa dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Anak Usia 5-14 Tahun. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 7(4), pp. 1696-1706.

WHO. 2018. Dengue and Severe Dengue.

Widoyono. 2011. Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan, Pencegahan & Pemberantasannya. Jakarta : Erlangga

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Lukiyono, Y. T. ., Sumarsono, T. ., & Rachmawati, I. . (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Pemberantasan Demam Berdarah Dengue Dengan Pengendalian Nyamuk Aedest Aigipty. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 634–638. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.856