Pengembangan Karakter Religius di Masa Pandemi Bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Sukron Djazilan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Akhwani Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.800

Keywords:

Pola, Karakter Religius, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan karakter tidak boleh diabaikan dalam situasi dan kondisi apapun, termasuk dalam kondisi pandemi Covid-19. Karakter religius perlu ditanamkan sejak usia dasar sebagai bekal di masa depan. Metode yang digunakan untuk melaksanakan program pengabdian melalui Project based learning, ceramah dan tanya jawab. Peserta yang terlibat adalah guru yang tergabung di bawah naungan PGRI Kabupaten Magetan. Workshop dilakukan secara daring. Data dianalisis dengan membandingkan hasil pretest dan
posttest. Berdasarkan hasil pengabdian kepada masyarakat diketahui bahwa sekolah tetap menyelenggarakan pendidikan karakter religius dengan pola yang dikembangkan masing-masing. Implementasi karakter religius masih terbatas karena siswa belajar dari rumah. Setelah mengikuti kegiatan pengabdian peserta mulai memahami pola-pola pendidikan karakter religius yang dapat diterapkan di sekolah pada masa pandemi. Pemahaman peserta berada pada kateori baik. Terdapat peningkatan antara pretest dan posttest. Guru dapat mengintegrasikan pendidikan karakter religius melaui pembelajaran secara terintegrasi, tanpa harus membuat program sendiri. Guru telah memiliki pemahaman terkait pola yang bisa dilakukan dan situasi yang dihadapi. Karakter religius adalah amanah pendidikan nasional seperti yang tertuang dalam Kompetensi Inti 1. Implementasi karakter religius dapat diintegrasikan
dengan materi yang diberikan. Peserta telah memahami dengan baik pola-pola pendidikan karakter religius.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhwani. (2020). Alternatif Strategi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional dalam Jaringan Hasil Penelitian dan Abdimas Tahun 2020 (Vol. 1, hal. 409–417). STKIP PGRI Pacitan.

Akhwani, & Nurizka, R. (2021). Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 446–454. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.706 Copyright

Akhwani, & Romdloni, M. A. (2021). Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12.

Akhwani, & Sigalingging, H. (2014). Pengembangan Karakter Religius Melalui Ekstrakurikuler Yasinan di SMA Negeri 1 Kayen Kabupaten Pati. Unnes Civic Education Journal, 3(1), 42. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ucej%0APENGEMBANGAN

Dewantara, K. H. (2004). Bagian Pertama: Pendidikan. Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 319–327.

Undang-undang 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Djazilan, M. S. ., & Akhwani, A. (2022). Pengembangan Karakter Religius di Masa Pandemi Bagi Siswa Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 192–200. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.800