Mengelola Emosi dan Menjadi Orang Tua Bahagia di Masa Pandemi melalui Mindfull Parenting

Authors

  • Munif Al Chatib Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Akhwani Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.799

Keywords:

mindfull parenting, mengelola emosi, pandemi

Abstract

Mengelola emosi disaat pandemi saat ini sangat penting, karena emosi merupakan bagian dari kecerdasan yang bisa dilatih dan diasah. Dalam dunia pendidikan masih banyak didapati guru dan orang tua yang mengutamakan kecerdasan IQ (Intellegence Quotient) saja sebagai indikator kesuksesan seorang anak. Metode pengabidan menggunakan Drill and Practice. Subjek yang dilibatkan adalah guru SD yang tergabung di bawah naungan PGRI kabupaten sejumlah 171 guru. Kegiatan pengabidan dilakukan secara daring. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum diadakan kegiatan, peserta belum memahami konsep Mindfull Parenting. Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran masih cenderung didominasi oleh guru. Setelah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat pemahaman guru terkait dengan meaningfull learning, bahaya learning loss dalam pendidikan, konsep parenting dalam pendidikan berada pada kategori baik. Sementara pada implmentasi mindfull parenting berada pada kategori cukup, sehingga perlu adanya tindak lanjut kegiatan. Guru sebagai penggerak pendidikan dapat menjalin komunikasi secara intens dalam membangun iklim pendidikan yang baik dengan orang tua. Orang tua dapatmelakukan pendampingan dengan bijaksana dan menyenangkan. Perlu adanya keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak, karena keluarga merupakan satu dari tiga pusat pendidikan. Mindfull parenting dapat menjadi pendekatan dalam mengelola emosi dan menjadikan orang tua bahagia meskipun berada di masa pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhwani, A. (2019). Pendidikan Karakter di Era Digital (A. Akhwani & S. Khotijah (ed.); hal. 198). Unusa Press. CNN. (2021). “Nadiem Sebut Ada Anak Alami KDRT Saat Sekolah Daring” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210823141207-20-684072/nadiem-sebut-ada-anak-alami-kdrt-saat-sekolah-daring. CNN Indonesia.

Farida, N., Lumbantobing, P. A., Donda, R., & Panggabean, E. (2021). Parenting “Peran dan Strategi Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Dimasa Pandemi Melalui Daring". Jurnal Abdimas Mutiara, 2(September), 180–188.

Fazari, M., Damayanti, I., & Rahayu, N. I. (2017). Hubungan Kecerdasan Inteleqtual ( IQ ) dan Keterampilan Bermain Dalam Cabang Olahraga Bulu Tangkis. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 02(01), 33–37.

Gani, I. A., & Kumalasari, D. (2019). Be Mindful, Less Stress : Studi Tentang Mindful Parenting Dan Stres Pengasuhan Pada Ibu Dari Anak Usia Middle Childhood Di Jakarta. Jurnal Psikologi, 15(2), 98–107.

Maknun, L. (2016). Kekerasan Terhadap Anak Oleh Orang Tua Yang Stress. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 12(2), 117–124. https://doi.org/10.15408/harkat.v12i2.7565

Margareta, T. S., & Sari Jaya, M. P. (2020). Kekerasan Pada Anak Usia Dini (Study Kasus Pada Anak Umur 6-7 Tahun Di Kertapati). Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 171. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4386

Nooraeni, R. (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 31–41.

Pajar Mubarok, P. (2016). Program Pengasuhan Positif untuk Meningkatkan Keterampilan Mindful Parenting Orangtua Remaja. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 35–50. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.1095

Sa’adah, U. (2017). Parenting Skills Orangtua dan Kesejahteraan Psikologis Anak. In Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam (Vol. 14, Nomor 2, hal. 5). https://doi.org/10.18860/psi.v14i2.6504

Salsabila, D. P., Putri, S. A. A., Nafia, Z. I., & ... (2021). Parenting of Parents Working from Home During the Pandemic. Proceding of Inter …, 1(1), 1–6. https://press.umsida.ac.id/index.php/iiucp/article/view/606

Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241

Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA GURU-GURU DI LINGKUNGAN GUGUS I BOGOR TENGAH KOTA BOGOR. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 03(03), 231–241.

Yulianingsih, Suhanadji, Nugroho, & Mustakim. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2), 1138-1150

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Chatib, M. A. ., & Akhwani, A. (2022). Mengelola Emosi dan Menjadi Orang Tua Bahagia di Masa Pandemi melalui Mindfull Parenting. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 182–191. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.799