Edukasi Pengelolaan Keuangan Pribadi: Mengatasi Kurangnya Pengetahuan Finansial dan Pengeluaran yang Tidak Terkontrol
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v5i2.1553Keywords:
Literasi Keuangan; Latte Factor; Pengelolaan Uang Saku; Community-Based Learning; Pemberdayaan Remaja; Budgeting 50/30/20Abstract
Perubahan gaya hidup digital yang dipengaruhi oleh prinsip YOLO dan FOMO telah menyebabkan meningkatnya perilaku konsumtif di kalangan pelajar, terutama terkait pengeluaran kecil berulang (latte factor). Rendahnya literasi keuangan menjadi penyebab utama siswa tidak memiliki pemahaman dan keterampilan dalam mengelola uang saku secara bijak. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan siswa melalui pendekatan edukatif, partisipatif, dan reflektif berbasis komunitas. Keterbaruan program ini terletak pada integrasi konsep latte factor dan metode anggaran 50/30/20 ke dalam praktik pembelajaran kontekstual yang melibatkan siswa sebagai subjek aktif. Kegiatan dilaksanakan di SMAN 1 Bangsal, Kabupaten Mojokerto, melibatkan 35 siswa kelas XI. Program dilakukan dalam tiga tahap: persiapan, edukasi, dan pendampingan. Metode Participatory Action Research (PAR) diterapkan dengan instrumen pre-test dan post-test, simulasi anggaran, serta refleksi anggaran harian. Hasil utama yang diukur adalah perubahan skor literasi keuangan dan penerapan kebiasaan finansial baru. Hasil menunjukkan peningkatan skor rata-rata sebesar 25,2 poin dari pre-test ke post-test. Peningkatan tertinggi terdapat pada aspek penyusunan anggaran dan pemahaman latte factor. Selama fase pendampingan, siswa menunjukkan perubahan perilaku seperti menyusun anggaran, menabung, dan mengurangi konsumsi impulsif. Program ini memperkuat landasan empowerment theory dan community-based learning, di mana keterlibatan aktif dan refleksi personal menjadi kunci perubahan berkelanjutan. Program ini menunjukkan bahwa pendekatan edukatif yang partisipatif dan kontekstual mampu meningkatkan literasi keuangan siswa secara signifikan. Disarankan agar model ini diintegrasikan dalam kurikulum ekstrakurikuler atau program bimbingan konseling berbasis pemberdayaan komunitas.
Downloads
References
April Jauhari, M., Hajar, I., & Budi, N. (2023). The Influence of Financial Literacy, Lifestyle, and Pocket Money Management on Personal Financial Behavior (Study on Students of The Faculty of Economics and Business, Halu Oleo University).
Chrisdiouf, J., Linawati, N., Loisoklay, W., Kristen Petra, U., & Santo Carolus Surabaya, S. (2024). Membangun Kebiasaan Keuangan Sehat Sejak Remaja. Eastasouth Journal of Effective Community Services, 2(03), 150–157. https://doi.org/10.58812/ejecs.v2i03
Frederica Diana, Subagyo, Purnama Eka Desy, & Iskandar Deni. (2021). Pengelolaan Keuangan Pribadi Bagi Siswa Siswi SMA Badan Pendidikan Kristen Penabur Cirebon di Masa Pandemi. Pengelolaan Keuangan Pribadi Bagi Siswa Siswi SMA Badan Pendidikan Kristen Penabur Cirebon Di Masa Pandemi, 3.
Haris Saputra, M., Hassandi, I., Aulia Rahman, A., Adi Yonatan, T., Novi Yamir, S., kunci, K., Keuangan, L., Masyarakat, P., Jambi, K., Muda, A., & Keuangan, P. (2024). EDUKASI LITERASI KEUANGAN PADA SISWA DAN SISWI SMAN. 12 KOTA JAMBI. https://doi.org/10.33998/jpmu.v3i1
Lontchi, C. B., Yang, B., & Su, Y. (2022). The Mediating Effect of Financial Literacy and the Moderating Role of Social Capital in the Relationship between Financial Inclusion and Sustainable Development in Cameroon. Sustainability (Switzerland), 14(22). https://doi.org/10.3390/su142215093
Mukhibatul Hikmah. (2025). Psychological Drivers and Daily Spending Habits: How the Latte Factor Shapes Financial and Compulsive Behavior Among Millennials. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 10. https://doi.org/10.53697/emak.v6i2.2775
Suyanto, Setiawan, D., Rahmawati, & Winarna, J. (2020). Effects of Indonesian Students’ Financial Literacy on Financial Behavior.
Sutomo Tapokabkab, B., Lailatun Nisa, N., Saputri, R., dwi yulhandini, R., Handayani, A., Studi Akuntansi, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Pamulang, U. (2021). MENINGKATKAN KESADARAN SISWA PENTINGNYA MENGELOLA KEUANGAN DI USIA MUDA.
Thomas, G. N., Nur, S. M. R., & Indriaty, L. (2024). The Impact of Financial Literacy, Social Capital, and Financial Technology on Financial Inclusion of Indonesian Students. https://doi.org/10.56472/25835238/IRJEMS-V3I4P140
Wasita, P. A. A. W., Artaningrum, R. G., & Clarissa Sarita Vania. (2022 Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Mediasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 13. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jimat.v13i01.43398
Bach, D., & Mann, J. D. (2019). The latte factor: Why you don’t have to be rich to live rich. Atria Books.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

