Apakah Era Teknologi Digital dapat Menghilangkan Peran dan Profesi Akuntansi ?

Authors

  • Endah Tri Wahyuningtyas Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Lalu M. Syahril Majidi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Salamatul Insan Suhari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • M. Fahri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Alfi Lailatul Fitriyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v4i2.1533

Keywords:

Dasar Akuntansi; Calon Akuntan; Akuntan Muda; Akuntansi Publik; Profesi Akuntan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang dasar dasar akuntansi yang harus dipahami bagi calon akuntan pada siswa siswi MA Muallimien Darul Ittihad Madura. Maka dari itu, penyampaian materi terkait dasar akuntansi ini dibuat dengan metode yang mudah untuk difahami. Selain itu siswa siswi juga diberikan pre-test dan pro-test untuk mengetahui perbandingan antara pengetahuan sebelum pendampingan dan peningkatan pengetahuan setelah kegiatan in dilaksanakan. Pendampingan ini dimulai dengan kegiatan pemaparan materi dan dilanjutkan dengan sesi diskusi. Adanya peningkatan dari hasil perbandingan pre-test dan post-test pendampingan ini dapat dikatakan bahwa kegiatan ini memiliki dampak yang positif bagi siswa siswi MA Muallimien Darul Ittihad Madura.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allo, C., & Ni Luh Putu Nita Yulianti. (2024). Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Kota Merauke). JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 10(1), 33–39. https://doi.org/10.38204/jrak.v10i1.1666

Dwiharyadi, A., Asrina, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kebutuhan Kompetensi Lulusan Akuntansi. Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 22-32.

Nurhikmah, A., & Hidayati, N. (2023). Pengaruh Pengetahuan Awal Dasar Akuntansi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Siswa Madrasah Aliyah At-Taqwa Kelas XII Desa Cihampelas. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 140-151.

Kurniyawati, I., & Listyowati, E. (2021). Tantangan, hambatan dan peluang karir profesi akuntan publik di Indonesia. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 723-731..

Mafazah, P. (2022). Etika Profesi Akuntansi Problematika Di Era Masa Kini. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1207–1212. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.143

Novius, A. (2010). Analisis Pemahaman Mahasiswa Akuntansi dalam Menghadapi Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Akuntansi-S1 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 5(2).

Nurvita Sari, S. I., & Latifah, E. (2024). Peran Akuntan Di Era Society 5.0. JIAR : Journal Of International Accounting Research, 2(02), 123–134.

Rini, Y. T. (2019). Mengurai Peta Jalan Akuntansi Era Industri 4.0. REFERENSI: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(1), 58–68.

Saroji, E. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi UMMI, 1(2), 1-9.

Tutuko, B., & Latif, A. (2022). Pelatihan Akuntansi Dasar Untuk Mengembangkan Hard Skill Siswa Smk. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Aptekmas, 5(3), 120-126.Nurvita Sari, S. I., & Latifah, E. (2024). Peran Akuntan Di Era Society 5.0. JIAR : Journal Of International Accounting Research, 2(02), 123–134. https://doi.org/10.62668/jiar.v2i02.1152

Wahyuningtyas, E. T., & Susesti, D. A. (2022). Peluang Dan Tantangan Profesi Akuntan Di Era Digital Bagi Siswa Ma Mambaul Ulum Corogo Jombang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 597–604. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.851

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Endah Tri Wahyuningtyas, Lalu M. Syahril Majidi, Salamatul Insan Suhari, M. Fahri, & Alfi Lailatul Fitriyah. (2025). Apakah Era Teknologi Digital dapat Menghilangkan Peran dan Profesi Akuntansi ?. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4(2), 488–496. https://doi.org/10.33086/snpm.v4i2.1533