Metode Eksperimen Merokok Dengan Alat Sederhana Sebagai Upaya Menurunkan Perilaku Merokok Pada Santri di PP. Al Hikam Bangkalan

Authors

  • Dewi Masithah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Abraham Ahmad Ali Firdaus Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Siti Nur Hasina Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Edza Aria Wikurendra Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Yuriske Agnovianto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1257

Keywords:

Metode eksperimen; Merokok; Alat Sederhana; Santri; Pondok Pesantren

Abstract

Latar belakang, Merokok masih menjadi kebiasaan buruk yang banyak dilakukan oleh anak remaja di Indonesia. Masalah yang dapat muncul bagi remaja perokok meliputi prestasi belajar di pondok pesantren yang terganggu, perkembangan paru- paru yang juga terganggu dengan munculnya gangguan seperti sesak napas, batuk secara terus menerus, dahak yang berlebihan dan lebih mudah terkena pilek. Adapun masalah lain yang dapat muncul yaitu lebih sulit sembuh saat sakit karena rokok mempengaruhi imun di dalam tubuh, mengakibatkan kecanduan, menyebabkan insomnia dan masalah mental, terlihat lebih tua dari usianya, remaja yang sering merokok sering memiliki jerawat dan masalah kulit lainnya serta menimbulkan plak pada gigi. Sehingga perlu diberikan pengetahuan dan pengertian kepada remaja khususnya santri pondok pesantren mengenai bahaya yang ditimbulkan dari merokok. Meningkatkan pemahaman dengan memberikan edukasi dan demonstrasi kepada santri husada mengenai metode eksperimen merokok dengan alat sederhana sebagai upaya menurunkan perilaku merokok pada santri di PP. Al Hikam Bangkalan. Metode, Metode yang digunakan dalam penyuluhan adalah ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab. Sebelum penyuluhan peserta diberi pre-test, kemudian setelah penyuluhan peserta diberi post-test. Hasil pre-test dan post-test dinilai kemudian dilakukan pengolahan data dan evaluasi. Hasil, Hasil pre-test dan post-test mengenai pengetahuan bahaya merokok dan zat yang terkandung pada rokok melalui kuesioner secara langsung terjadi peningkatan nilai oleh santri yang mengikuti kegiatan ini. Persentase kenaikan nilai rata-rata adalah sebesar 9,7%. Kenaikan nilai rata-rata yang signifikan ini menunjukkan adanya perubahan tingkat pengetahuan pada peserta setelah mengikuti sesi penyuluhan. Kesimpulan, Metode eksperimen merokok dengan alat sederhana sebagai upaya menurunkan perilaku merokok pada santri di PP. Al Hikam Bangkalan telah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap bahaya merokok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Firmansyah, A. Jahidin, N. I. Najamuddin, (2019), Bina Generasi: Jurnal Kesehatan, 11(1), 80-86.

Badan Pusat Statistik, Presentase Merokok Pada Penduduk Umur≤ 15 Tahu Menurut Provinsi, https://www.bps.go.id/indicator/30/1435/1/persentase-merokok-pada- penduduk-umur-15-tahun-menurut-provinsi.html, diakses 30 Desember 2021.

Kementerian Kesehatan Indonesia, Panduan Promosi Perilaku Tidak Merokok, Kementrian Kesehatan, Jakarta, 2010.

P2PTM Kemenkes RI, Beberapa Masalah Yang Muncul Bagi remaja Perokok. http://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/beberapa-masalah-yang-muncul-bagi- remaja-perokok, Diakses 5 Maret 2022.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 2011.

World Health Organization, Perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia Tahun 2020, https://www.who.int/indonesia/news/detail/30-05-2020-pernyataan-hari-tanpa-tembakau- sedunia-2020, diakses 3 Maret 2022.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Dewi Masithah, Abraham Ahmad Ali Firdaus, Siti Nur Hasina, Edza Aria Wikurendra, & Yuriske Agnovianto. (2023). Metode Eksperimen Merokok Dengan Alat Sederhana Sebagai Upaya Menurunkan Perilaku Merokok Pada Santri di PP. Al Hikam Bangkalan . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 284–289. https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1257

Most read articles by the same author(s)