Pengembangan Website sebagai Sarana Pemasaran UMKM Rooslin

Authors

  • Rindu Puspita Wibawa Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Martini Dwi Endah Susanti Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Ghea Sekar Palupi Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1235

Keywords:

promosi, UMKM, web development, web design.

Abstract

UMKM Rooslin merupakan industri rumahan (home industry) yang dikelola secara kekeluargaan, didirikan oleh Ibu Lina pada tahun 2020.Berada di Dusun Bruno RT 6 RW 4, Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. UMKM ini memanfaatkan pengolahan bunga mawar yang menghasilkan beberapa produk seperti minuman sari mawar, sirup mawar, dodol, dan teh bunga mawar. UMKM Rooslin memanfaatkan mawar sebagai bahan baku yang kemudian diolah dan produk-produk yang selama ini dihasilkan adalah minuman, sirup, dodol, dan teh bunga mawar. Produk-produk hasil dari UMKM Rooslin ini dipasarkan di Kota Nganjuk dan sekitarnya ke pedagang atau pelanggan yang sebagian besar adalah pedagang tradisional. Adanya digitalisasi menyatakan bahwa teknologi telah mengubah sikap dan perilaku konsumen. Suatu ungkapan mengatakan bahwa ketika perusahaan tidak dapat ditemukan dipencarian Google, maka perusahaan itu keberadaannya tidak ada. Maka jelas bahwa pemanfaatan saluran digital penting untuk sebuah merek, dan itu harus menjadi kemajuan yang juga harus diikuti oleh UMKM jika mereka ingin tetap kompetitif dan tumbuh. Pengembangan website menjadi fokus dari kegiatan PKM ini dengan harapan bahwa UMKM Rooslin dapat meningkatkan kinerja penjualan dengan memperluas jangkauan pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diana Sari, W., Nurani, R., Islam Riau, U., & Suska Riau, U. (2022). Positioning Women Entrepreneurs in Small And Medium Enterprises In Indonesia-Food & Beverage Sector Menempatkan Peran Wirausaha Wanita Dalam Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia-Sektor Makanan & Minuman. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Issue 2). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Dimas, N., Dewi, I., Latiefa, Z., Rosanto, A., & Amin, S. (2021). Perancangan Website sebagai Media Digital Marketing untuk Mendorong Pemasaran UMKM. Jurnal Bina Desa, 3(3), 176–180. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jurnalbinadesa

Dzikry, R., Arif, E., & Leo, G. (2022). Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung.

Khadafi, S., Salim, A., Prabowo, R., Choirul Anam, dan, & Teknologi Adhi Tama Surabaya, I. (n.d.). Rancang Bangun Website UKM Reviora Tanggulangin Sidoarjo Menggunakan Metode Waterfall Sebagai Media Pemasaran Online. http://diskopukm.jatimprov.go.id,

Listrik, L., Penerbangan, P., & Kustori, S. (n.d.). MONITORING DAN KONTROL PADA UPS MENGGUNAKAN MONITORING HUMAN MACHINE INTERFACE ( HMI ) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI.

Pertama, E. (2019). Deloitte Indonesia Perspectives.

Sawunggalih Aji, P. (n.d.). PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN ONLINE PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA TRUST MENGGUNAKAN PRESTASHOP Agus Fitri Yanto Afifah Choirina Rusda.

Selamat1, F., Mulyawan2, B., & Karunia Tunjungsari3, H. (2020). Peningkatan Aktivitas Pemasaran UMKM Melalui Pengembangan Website D’real Potatoes di Jakarta JSCD JOURNAL OF SUSTAINABLE COMMUNITY DEVELOPMENT. 17.

Yuvraj, E., Ruchita, W., College, A. S. M., Jinimol, ; P, Sakalauskas, ; E, & Bezhovski, ; Z. (2016). Implementasi Metode Autentikasi One Time Password ( Otpa ) Berbasis Mobile Token Pada Aplikasi Ujian Online. In Int. J. Trend Sci. Res. Dev (Vol. 7, Issue 04). Literasi Media Publishing. https://firebase.google.com/products/#develop-

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Wibawa, R. P., Susanti, M. D. E. ., & Palupi, G. S. (2023). Pengembangan Website sebagai Sarana Pemasaran UMKM Rooslin. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 86–93. https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1235