Persalinan Aman dan Bayi Lahir Sehat Melalui Edukasi Tentang Kehamilan Risiko Tinggi serta Perawatannya di Masa Kehamilan

Authors

  • R. Khairiyatul Afiyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Farida Umamah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Rusdianingseh Rusdianingseh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Fariska Zata Amani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.1017

Keywords:

persalinan aman, bayi lahir, sehat, edukasi, kehamilan risiko tinggi, perawatannya, masa kehamilan

Abstract

Ibu dengan Kehamilan risiko tinggi adalah ibu hamil yang mempunyai risiko atau bahaya yang lebih besar pada kehamilan/persalinan dibandingkan dengan kehamilan atau persalinan normal. Kondisi ini bisa disebabkan karena komplikasi saat kehamilan namun bisa juga disebabkan oleh suatu kondisi medis yang sudah ibu miliki sejak sebelum hamil. Kehamilan risiko tinggi merupakan salah satu penyebab tingginya angka kematian. Tujuan kegiatan ini adalah Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang kehamilan risiko tinggi serta perawatannya, Metode yang diterapkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah model edukasi dan memberikan keterampilan kepada kader, ibu hamil dan keluarga dan setelah satu bulan dievaluasi hasil pre dan post pemberian edukasi. Hasil analisa data dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan hasil p value < 0,05 yang berarti ada perbedaan pengetahuan dan keterampilan pre dan post pemberian edukasi dan keterampilan. Hasil dari kegiatan didapatkan bahwa pengetahuan dan keterampilan tentang kehamilan risiko tinggi serta perawatannya pada kader, ibu hamil dan keluarga sebelum diberikan intervensi 37% kurang,  14,8% cukup. Hasil post pemberian edukasi dan keterampilan didapatkan hasil 18,5% cukup dan 29,6% baik. Pemberian edukasi dan keterampilan tentang perawatan kehamilan risiko tinggi bermanfaat meningkatkan perilaku sehat dalam merawat kehamilan. Pengetahuan merupakan faktor utama dalam merubah perilaku untuk mencapai derajat kesehatan ibu hamil yang optimal dan hal ini sesuai dengan konsep dari Theory Planned of Behavior. Kesimpulan dalam kegiatan ini adalah pemberian edukasi dan keterampilan dapat mempengaruhi perilaku sehat yaitu ibu hamil dan keluarga mampu merawat dirinya selama kehamilan. Keterlibatan keluarga dan kader kesehatan sangat berpengaruh dalam mewujudkan perilaku tersebut dengan cara berkolaborasi dengan baik dengan tim kesehatan. Keterlibatan masyarakat dan keluarga berperan penting dalam mengurangi bahaya kehamilan risiko tinggi pada ibu hamil dan dukungan petugas kesehatan merupakan kunci keberhasilan mewujudkan keberhasilan program pemerintah dalam mengurangi Angka Kematian Ibu Hamil dan Bayi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiyah RK, Umamah F, Sari RY, Hasina SN, Sulistyorini S, Prasetyo B, Supatmi S. Self-Screening as an Effort to Prevent the Risk of Exposure to COVID-19 in Pregnant Women. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences. 2022 Jan 20;10(B):192-6.

Afiyah RK, Umamah F, Amani FZ. Peningkatan Kesehatan Melalui Self Screening Resiko Terpapar Covid 19 Pada Ibu Hamil di Laskar Gertak Kita. InSEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2021 2022 Jan 25 (Vol. 1, No. 1, pp. 500-508).

R Khairiyatul A. MATERNAL DOMINANT COMMUNICATION TO FETUS IN BPS HJ. BASHORI WONOREJO SURABAYA.

Afiyah RK. Effectiveness Of Endorphin Massage Against Anxiety The Face Of Labor On Mother Primigravida In The Region Of Clinics Jagir Surabaya. InPROCEEDING SURABAYA INTERNATIONAL HEALTH CONFERENCE 2017 2017 Jul 18 (Vol. 1, No. 1).

Lee S, Ayers S, Holden D. Risk perception of women during high risk pregnancy: a systematic review. Health, risk & society. 2012 Sep 1;14(6):511-31.

Gilbert ES. Manual of high risk pregnancy and delivery. Elsevier Health Sciences; 2010 May 24.

Elkayam U, Goland S, Pieper PG, Silversides CK. High-risk cardiac disease in pregnancy: part I. Journal of the American College of Cardiology. 2016 Jul 26;68(4):396-410.

Rubarth LB, Schoening AM, Cosimano A, Sandhurst H. Women's experience of hospitalized bed rest during high‐risk pregnancy. Journal of Obstetric, Gynecologic & Neonatal Nursing. 2012 May 1;41(3):398-407.

Behruzi R, Hatem M, Goulet L, Fraser W, Leduc N, Misago C. Humanized birth in high risk pregnancy: barriers and facilitating factors. Medicine, Health Care and Philosophy. 2010 Feb;13(1):49-58.

Handayani N, Khairiyatul RK. Pengaruh Akupresur Terhadap Penurunan Mual Dan Muntah Pada Ibu Hamil Di Praktek Mandiri Bidan Sidoarjo. Embrio. 2019 Nov 30;11(2):102-9.

Afiyah RK, Kamariyah N, Wijayanti L, Yhusnain JR. FULFILLMENT OF EXERCISE NEEDS AMONG PREGNANT WOMEN DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Nurse and Holistic Care. 2021 Sep 8;1(2):89-97.

Afiyah RK. Konsumsi Teh Mempengaruhi Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Wilayah BPS Ny. Nur Isnafiyah Bringin Wetan Taman Sidoarjo. Jurnal Keperawatan Maternitas. 2015:143-51.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Afiyah, R. K. ., Umamah, F. ., Rusdianingseh, R., & Amani, F. Z. . (2022). Persalinan Aman dan Bayi Lahir Sehat Melalui Edukasi Tentang Kehamilan Risiko Tinggi serta Perawatannya di Masa Kehamilan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 648–655. https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.1017