Upaya Meningkatkan Kelayakan dan Kenyamanan Penggunaan APD pada Pekerja Proyek Pemancangan Pembangunan Gedung Sekolah

Authors

  • Muh. Syahrul Ramadhan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • M Nizar Mahabbi R Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Irfan Rahmadani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Ratna Ayu Ratriwardhani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Andi Ananta Aziz Dwifangga Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.1006

Keywords:

Alat Pelindung Diri (APD), Job Safety Analysis, Pekerja proyek, Data primer, Potensi bahaya

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mencatat, jumlah kecelakaan kerja di Indonesia sebanyak 234.270 kasus pada tahun 2021, Sebagaimana peraturan dan ketentuan keselamatan dan kesehatan kerja yang sudah diatur dan telah diterapkan oleh perusahaan, salah satunya yaitu penggunaan alat pelindung diri (APD), melakukan penelitian tentang kelayakan, kenyamanan penggunaan APD pada pekerja proyek pembangunan gedung sekolah di kota Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik data primer. Data primer didapatkan memalui wawancara dan observasi dilapangan atau dilokasi. sedangkan sampel dari penelitian ini adalah beberapa pekerja proyek pembangunan gedung sekolah. Dengan menggunakan metode pengambilan sampel adalah total sampling yang jumlah pekerjanya berjumlah 5 orang, identifikasi dan analisis potensi bahaya. Setelah mengetahui proses kegiatan pekerjaannya maka dapat membuat identifikasi bahaya dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). emuan dilapangan didapati adapun pekerja yang sadar akan pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri ketika bekerja untuk melindungi diri dari hal yang tidak diinginkan. Selain melakukan sosialisasi, diperlukan pemberian bantuan kepada pekerja dilapangan untuk kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) yang ada, seperti Penyediaan Vest, Safety gloves, dan Earplug .penerapan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan pencegahan kecelakaan secara konsisten dan bersifat jangka panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjari Ika Doy Saputri Dan Paskarani Indriati. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Penggunaan Apd Pada Pekerja Kerangka Bangunan.

Fairyo, L. S., & Wahyuningsih, A. S. (2018). Kepatuhan Pemakaian Alat Pelindung Diri pada Pekerja Proyek. Higeia Journal Of Public Health Research And Development, 2(1), 80–90

International Labour Organization (ILO). (2018). Safety and Health at Work. Available from: http://www.ilo.org/global/topics/safety-and-health-at-work/lang-- en/index.htm.

Mahdi, M. I., (2022) Kasus Kecelakaan Kerja di Indonesia Alami Tren Meningkat. Dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/kasus-kecelakaan-kerja-di-indonesia-alami-tren-meningkat.

Saliha, J., Joseph, W. B. S., & Kalesaran, A. F. C. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja PT. Hutama Karya Proyek Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung Tahun 2018. Kesmas, 7(5), 1–8.

Ulfa Monalisa, O., Listiawati, R., Studi Kesehatan Masyarakat, P., & Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Tidak Aman Pada Pekerja Service Pt. Agung Automall Cabang Jambi. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3391–3398. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1332

Waruwu, Saloni & Ferida Yuamita. (2016). ‘Analisis Faktor Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Signifikan Mempengaruhi Kecelakaan Kerja pada Proyek Pembangunan Apartemen Student Castle’. Jurnal University Technology of Yogyakarta. Spektrum Industri, 2016 Vol.14 No.1, 1-108 ISSN 2442-2630.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Ramadhan, M. S. ., Mahabbi R, M. N. ., Rahmadani, M. I. ., Ratriwardhani, R. A. ., & Dwifangga, A. A. A. . (2022). Upaya Meningkatkan Kelayakan dan Kenyamanan Penggunaan APD pada Pekerja Proyek Pemancangan Pembangunan Gedung Sekolah . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA, 2(1), 560–574. https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.1006