Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Model Example Non Example Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Semester I Sdn 5 Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Yenne Kristiana Baskorowati
  • M. Thamrin Hidayat

Keywords:

Model Pembelajaran Example non Example, Keaktifan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 5 Joho pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model Examples Non Examples. Penelitian ini didasari dari kurangnya keaktifan siswa di kelas sehingga berdampak pada keefektivan belajar siswa yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Examples Non Examples berhasil meningkatkan aktivitas. Hal tersebut terbukti dengan persentase aktivitas belajar pada siklus I 65% dan meningkat menjadi 91% pada siklus II. Adapun hambatan dalam menerapkan model Examples Non Examples adalah tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Kesimpulan penelitian ini adalah: penggunaan model Examples Non Examples dapat meningkatkan terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa.

References

Burce Joyce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching (Model- model Pengajaran).Yogyakarta: PustakaPelajar.

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kedua. Jakarta: Balai Pustaka

Darliana, (1990). Keterampilan Proses IPA. Bandung: Depdikbud.

Ishak Abdullak, 2013. Teknologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Komparasi, Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Benteng Pustaka.

Mifthul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhibbinsyah. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nanang Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Paul Suparno. 1997 Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Pertiwi, Novita Eka, 2011, Hubungan Antara Aktıvıtas Belajar Sıswa dalam Model Pembelajaran Kooperatıf Tıpe Team Game Turnament (TGT) dengan Hasıl Belajar IPS dı SMPN 1 Kedung Jepara Tahun Jjaran 2010/2011, Jurusan Geografi Fakultas Sosial Universitas Negeri Semarang

Sugihartono, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Saur Tampubolon. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Suharsimi Arikunto, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widja.I.G. 1988. Pengantar Ilmu Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.

Winkel, W.S . 1984. Psikologi Pendidikan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Yatim Riyanto. 2008. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/12/02/pembelajaran-scaffolding- untuk-kesuksesan-belajar-siswa.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Kristiana Baskorowati, Y., & Thamrin Hidayat , M. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Model Example Non Example Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Semester I Sdn 5 Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1), 678–691. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/696