Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay –two Stray Di Kelas V Sdn Deketwetan Lamongan

Authors

  • Nunik Fitriyani
  • M. Thamrin Hidayat

Keywords:

Model pembelajaran Two Stay Two Stray, Keaktifan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V SDN Deketwetan pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model Two Stay Two Stray. Penelitian ini didasari dari kurangnya keaktifan siswa di kelas sehingga berdampak pada keefektifan belajar siswa yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Two Stay Two Stray berhasil meningkatkan aktivitas . Hal tersebut terbukti dengan persentase aktivitas belajar pada siklus I 70,8% dan meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Adapun hambatan dalam menerapkan model Two Stay Two Stray adalah tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk diskusi, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut adalah guru harus mampu memaksimalkan penggunaan gambar dalam pembelajaran serta dapat mengefektifkan dan mengefesienkan penggunaan waktu dengan baik. Dengan demikian, penggunaan model Two Stay Two Stray dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran lainnya. Penggunaan model Two Stay Two Stray terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa.

References

Aqib, Zainal, Dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya

Aqib, Zainal, Dkk.2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, Dan TK. Bandung : Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Firdaus. 2006. Reformasi Pembelajaran Menuju Kualitas Insan Bertaraf Dunia. Pekanbaru: Witra Irzani.

Julianto, Dkk. 2011. Teori Dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Unesa University Press.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mamat, S.B. Dkk, 2007. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Nursalim, Mochamad, Dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Surabaya : Unesa University Press.

Ridwan Dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, Dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Siradjuddin Dan Suhanadji. 2012. Pendidikan TEMATIK (Hakikat, Konsep, Dan Pembelajaran). Surabaya : Unesa University Press.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sobur, Alex. 2010. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyanto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Yuma Pustaka

Suhanadji Dan Waspodo. 2003. Pendidikan TEMATIK. Surabaya : Insan Cendekia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suryanti, Dkk., 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Winarsunu, Tulus. 2010. Statistik Psikologi Dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Fitriyani, N., & Thamrin Hidayat, M. . (2020). Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay –two Stray Di Kelas V Sdn Deketwetan Lamongan. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1), 570–582. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/683