PEMROSESAN CITRA KUKU JARI TANGAN MENGGUNAKAN METODE GLCM (GREY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX)

Authors

  • Indra Romadhanti
  • Ima Kurniastuti
  • Tri Deviasari Wulan

Keywords:

Ekstraksi Fitur, GLCM, Fitur Tekstur

Abstract

Biometrik merupakan penerapan model ilmiah atau teknologi yang digunakan untuk mengukur. menganalisis karakteristik fisiologis seseorang. Dalam kasus seseorang yang kembar identik pun tekstur kuku jarinya berbeda. Karakteristik wajah dapat berubah dengan seiringnya waktu karena masalah penuaan, tetapi bentuk dan ukuran dasar kuku tetap konstan. Ekstraksi tekstur merupakan salah satu cara mendapatkan karakteristik dari kuku. Salah satu cara untuk mengekstraksi tekstur adalah menggunakan matriks gray level co-occurance matrix (GLCM). Penelitian ini untuk melakukan proses ekstraksi fitur tekstur menggunakan GLCM pada citra dengan keempat arah sudut keabuan piksel yaitu 0 o , 45 o , 90 o dan 135 o . Dengan menggunakan lima fitur jangkauan yaitu energi, homogenitas, kontras, entropi dan korelasi. Hasil penelitian ini berupa nilai jangkauan dari kelima fitur tersebut dengan sudut arah yang berbeda. Dari kelima fitur tersebut yang terlihat sangat jelas perbedaannya adalah fitur : Energi, Kontras dan Entropi.

References

Garg, S., Kumar, & Hanmandlu, M. (n.d.). Biometric Authentication Using Finger Nail Surface. 2012.

lusiana, v., Al Amin, I. H., Hartono, B., & Kristianto, T. (2019). Ekstraksi Fitur Tekstur Menggunakan Matriks GLCM Pada Citra Denfan Variasi Arah Obyel.

Munir, R. (2004). Pengolahan Citra Digital dengan pendekatan Algoritmik. Bandung.

Nurul, L., Pawening, R. E., & Furqan, M. (2016). Klasifikasi Jenis Daging Berdasarkan Tekstur Menggunakan Metode Gray Level Coocurent Matrix.

Safira, L., Irawan, B., & Setianingsih, C. (2019). K-Nearest Neighbour Classification and Feature Extraction GLCM for Identification of Terry's Nail.

Sathishkumar, E., Shopia, F., & A, P. (2016). Biometric Authentication using finger nails.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Romadhanti, I. ., Kurniastuti, I. ., & Wulan, T. D. . (2021). PEMROSESAN CITRA KUKU JARI TANGAN MENGGUNAKAN METODE GLCM (GREY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX). PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 1(1). Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/658