Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Satuan Waktu pada Peserta Didik Kelas II SDN Simokerto V/138 Surabaya

Authors

  • Fika Beti Rahmah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muslimin Ibrahim
  • Nanik Suwarti

Keywords:

hasil belajar, project based learning, satuan waktu

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
matematika materi satuan waktu yang disebabkan oleh kegiatan proses pembelajaran yang masih
didominasi oleh guru dan masih monoton kurang menarik sehingga peserta didik merasa bosan. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil
belajar materi satuan waktu pada peserta didik kelas II di SDN Simokerto V/138 Surabaya. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sesuai dengan model Kurt Lewin
yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap seiklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II di SDN Simokerto
V/138 Surabaya sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 14 laki- laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik setelah implementasi
model pembelajaran project based learning. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar yang diperoleh dari
hasil tes pada kegiatan pra siklus ke siklus I peningkatan dari 11 atau sebesar 40% peserta didik menjadi
16 atau sebesar 60% peserta didik dan dari siklusI ke siklus II adanya peningkatan menjadi 24 atau sebesar
89%. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga dapat dilihat dari rata- rata kelas yang diperoleh dari
kegiatan tes. Perolehan rata-rata kelas pada siklus I 63,3 meningkat pada siklus II menjadi 90. Berdasarkan
peningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan
model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bhumi Aksara.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Faradilla, Dkk. 2021. Peningkatan Hasil belajar Penyajian Data Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kota Pdang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.1, No.2, P-ISSN : 2614-6754 eISSN: 2614-3097, diakses tanggal 25 Mei 2023

Jusita, M.L. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. 4(2). Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppip s/article/view/9691/pdf_1.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. , Pub. L. No. 021 (2016). Indonesia.

Maudi,Nadea. 2016. Implementasi Model Project Based 7 Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajat Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Vol.1, No.1, p-ISSN: 2477-5967 eISSN: 2477-8443,diakses tanggal 25 Mei 2023.

Rahmawati, H., Syahrilfuddin, & Noviana,E. 2016. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Siswa Kelas V SD Negeri 018 Sungai Keranji. Jurnal Online Mahasiswa, 3(2). Dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKI P/article/view/11995/11640.

Rozalia, Dkk. 2023. Model Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Kelas IV. Jurnal Pendidikan Mandala. Vol.8 No.2. p-ISSN: 2548-5555, e-ISSN: 2656-6745

Runtukahu, J. T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sediyati,S., Ismanto, B.,& Kristin,F. 2018. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2). Dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holisti ka/article/view/3288/2790.

Somadayo, Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fika Beti Rahmah, Muslimin Ibrahim, & Nanik Suwarti. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Satuan Waktu pada Peserta Didik Kelas II SDN Simokerto V/138 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 315–322. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1210