Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian dengan Teknik Jarimatika dan Talking Stick pada Peserta Didik Kelas 2-B SDN Simokerto V/138 Surabaya Tahun Ajaran 2022-2023

Authors

  • Marissa Luthfiati Marissa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muslimin Ibrahim
  • Nanik Suwarti

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN Simokerto V/138 Surabaya mata pelajaran
Matematika dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan dengan menggunakan teknik
Jarimatika dan talking stick. Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan pemahaman peserta didik pada
materi matemetika sangatah rendah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dimana pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode wawancara, tes, dan
observasi. Pelaksanaan penelitian terdiri atas siklus I dan Siklus II dengan rentang waktu 6 hari. Hasil
penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata kelas dari 59,23 dengan ketuntasan belajar klasikal 42% pada
siklus I menjadi 86,53 dengan ketuntasan belajar klasikal 82% pada siklus II. Sedangkan keaktifan peserta
didik dari 70% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dengan presentase hasil belajar yang meningkat
ini menunjukkan bahwa secara klasikal pembelajaran sudah dikatakan tuntas.

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumu Aksara

Wahyudi. (2008). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Surakarta: FKIP UNS.

Wulandari, S. 2008. Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Tanggerang: PT Kawan Pustaka.

Silberman, M. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:PT.Pusaka Insan Madani, 2007. hal.53

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Marissa, M. L., Muslimin Ibrahim, & Nanik Suwarti. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian dengan Teknik Jarimatika dan Talking Stick pada Peserta Didik Kelas 2-B SDN Simokerto V/138 Surabaya Tahun Ajaran 2022-2023. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 298–302. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1204