Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian dengan Teknik Jarimatika dan Talking Stick pada Peserta Didik Kelas 2-B SDN Simokerto V/138 Surabaya Tahun Ajaran 2022-2023
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN Simokerto V/138 Surabaya mata pelajaran
Matematika dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan dengan menggunakan teknik
Jarimatika dan talking stick. Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan pemahaman peserta didik pada
materi matemetika sangatah rendah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dimana pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode wawancara, tes, dan
observasi. Pelaksanaan penelitian terdiri atas siklus I dan Siklus II dengan rentang waktu 6 hari. Hasil
penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata kelas dari 59,23 dengan ketuntasan belajar klasikal 42% pada
siklus I menjadi 86,53 dengan ketuntasan belajar klasikal 82% pada siklus II. Sedangkan keaktifan peserta
didik dari 70% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dengan presentase hasil belajar yang meningkat
ini menunjukkan bahwa secara klasikal pembelajaran sudah dikatakan tuntas.
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumu Aksara
Wahyudi. (2008). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Surakarta: FKIP UNS.
Wulandari, S. 2008. Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Tanggerang: PT Kawan Pustaka.
Silberman, M. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:PT.Pusaka Insan Madani, 2007. hal.53
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Marissa Luthfiati Marissa, Muslimin Ibrahim, Nanik Suwarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.