Pancasila Sebagai Fondasi Pendidikan di SDN Siwalankerto II Surabaya

Authors

  • Siti Aisyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Pancasila, Fondasi, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana Pancasila sebagai fondasi pendidikan di SDN Siwalankerto II Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil wawancara bersama guru kelas VC, guru pamong, dan siswa kelas VC dapat ditemukan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila telah tertanam lama di SDN Siwalankerto II terutama di kelas VC.

References

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), (Online) Jilid 1, No. 2, (https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1017) , diakses 14 Mei 2023.

Dr. Amir Hamzah, M. (2019). Metode Peneitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Kepanjen, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Pransiska, S., Asyhar, R., & Asrial, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Pada Materi Asam, Basa dan Garam. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, (Online), Jilid 5, No. 2, (https://online-journal.unja.ac.id/edusains/article/view/3390) , diakses 14 Mei 2023.

Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, (Online) , Jilid 6 No. 2, (https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535) , diakses 14 Mei 2023.

Putri, D. (2018). Improving News Writing Skill by Using Cooperative Type Group Investigation Strategy. Curricula: Journal of Teaching and Learning, (Online), Jilid 3, No. 2, (http://dx.doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i2.2878) , diakses 14 Mei 2023.

Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya: Jakarta, Bumi Aksara.

Takaeb, M. J., & Mone, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Soe. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, (Online) Jilid 1, No. 2, (https://doi.org/10.24246/juses.v1i2p33-38) , diakses 14 Mei 2023.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, (Online), Jilid 2, No. 3, (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/4366) , diakses 14 Mei 2023 .

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Aisyah, S., & Nafiah. (2023). Pancasila Sebagai Fondasi Pendidikan di SDN Siwalankerto II Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 541–545. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1197