This is an outdated version published on 2023-11-30. Read the most recent version.

Penggunaan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Krian 4 Sidoarjo

Authors

  • Sri Rahayu Nengtyas Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Mujiadi SDN Krian 4 Sidoarjo
  • Daimatus Salwah daimatushalawah@gmail.com

Keywords:

peningkatan, media roda putar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas I di SDN Krian 4 melalui penggunaan media roda putar. Sebelum pelaksanaan siklus dilakukan pra siklus. Dalam pelaksanaan pra siklus dilakukan pre test dengan hasil presentase yaitu 37,03%. Dalam pelaksanaannya dilakukan sebanyak dua siklus. Pada siklus 1 terdapat hasil presentase yakni 62,96%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan presentase yakni 81,48% . Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan penggunaan media roda putar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I di SDN Krian 4 Sidoarjo

References

A Haris, A Jihad. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Abdillah, Abdul Azis. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Fun Teaching di SDN Rawabadak Utara 10 Petang Jakarta. [skripsi]. Tangerang (ID): STKIP Surya Tangerang

Amir, M., Abdul A.M. & Rosleny. 2022. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Atas di UPT SPF SD Negeri Mangkura IV Makassar. Jurnal EduTech, (Online), Vol. 8, No. 2.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.

Dalimunthe, Z. 2019. Identifikasi kendala dan masalah dalam proses pembelajaran matematika. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(1), 8-12.

Hobri. 2010. Metodelogi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Jamal, F. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18-36. http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232

Juhaeni, Amalia, I., Zein, N., Chusnah, N. I. N., Fadila, S. E. N., dan Wijayanti, S. N. 2022. Pengaruh media pembelajaran roda berputar terhadap hasil belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran pada siswa madrasah ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches. 2(5), 210–216.

Tia, N. T., El Puang, D. M., dan Bunga, M. H. D. 2023. PENGARUH MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). 11(1), 79-89.

Tokan, M. F., Timba, F. N. S., dan El Puang, D. M. 2022. Pengaruh penggunaan elearning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VI sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 7(2), 2548– 6950.

Utami, F., Setyaningsih, A., Rita, A., Pirasintiya, Aghnaita, dan Saudah. 2022. Pelatihan pembuatan media roda berputar di PAUD Islam Terpadu AsSubhan. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(2), 235– 240.

Downloads

Published

2023-11-30

Versions

How to Cite

Nengtyas, S. R., Akhwani, Mujiadi, & Salwah, D. (2023). Penggunaan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Krian 4 Sidoarjo. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 42–46. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1195