Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada Kelas 2 di SDN Jemur Wonosari 1/417 Surabaya
Keywords:
Hasil belajar, PJBL, Kesenian budayaAbstract
Kesenian adalah salah satu hal seni yang berkembang dalam masyarakat yang merupakan hal
berkaitan tentang kebudayaan dalam masyarakat. Kesenian perlu ditekankan pada diri peserta didik agar
pembelajaran seni dapat menjadi pembelajaran yang bermakna dan lebih kontekstual. Melalui model
projek ini akan membuat pemahaman peserta didik serta pengalaman berharga ketika belajar. Kegiatan
siklus dilaksanakan dimulai dengan merencanakan kegiatan dimulai dari menyusun perangkat
pembelajaran yakni modul ajar, bahan ajar. LKPD dan lembar evaluasi.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar siswa SDN Jemur Wonosari 1/417 Surabaya pada pelajaran Seni Budaya
Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Percampuran warna Kelas II SDN
Jemur Wonosari 1/417 Surabaya dengan menerapkan model pembelajaran (PjBl). Penelitian tindakan
kelas (PTK) menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
yaitu menggunakan istrumen observasi, tes tulis dan dokumentasi yang melibatkan 20 siswa. Hasil setelah
diperoleh setelah melakukan penelian ini di SDN Jemur Wonosari 1/417 Surabaya memperoleh
ketuntangan belajar sebesar 40% dan pada siklus 2 peningkatan ketuntasan belajar mencapai 58%. Dapat
disimpulkan bahwa melalui penelitian menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
ini peserta didik mengalami peningakatan hasil belajar.
References
Ferdi Efrimal, Nina Kurnia, & Wasidi. (2017). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kecermatan dan Kreasi Seni Rupa (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Seluma). DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 48–61
Lestari, T. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyajikan Contoh-Contoh Ilustrasi dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]
Octavia, Shilpy.A. (2020). Model Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepablish.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Setiyowati, Nafiah, Sianah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.