Penerapan Model Pembelajaran Game Bassed Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN Kedungturi

Authors

  • Dini Farichatus Sholikha UNUSA
  • Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Marwati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Game Based Learning, Matematika, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi
belajar matematika materi waktu kepada peserta didik kelas IV di SDN Kedungturi Sidoarjo, melalui
model Game Based Learning dan dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I metode peaksanaan
menggunakan metode ceramah klasikal saja. Metode klasikal saja kurang efektif karena menjadikan
peserta didik bosan, sehingga memicu kurangnya semangat dalam pembelajaran sehingga berdampak pada
hasil belajar mereka yaitu kurang memenuhi standar penilaian atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
KKM pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN Kedungturi Sidoarjo yaitu 80. Pada siklus II
diterapkannya model Game Based Learning. Penerapan model tersebut mampu meningkatkan hasil belajar
peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai hasil belajar peserta didik siklus II mata pelajaran
matematika. Pada siklus I, nilai ketuntasan klasikal hanya 46% dengan kategori sedang lalu meningkat
pada siklus II yaitu 86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka penggunaan
model Game Based Learning dapat dikatakan berhasil meningkatkan Motivasi belajar matematika materi waktu.

References

Affandi, H. (2017). Tanggung Jawab Negara dalam Pemenuhan Hak atas Pendidikan menurut Undang-undang Dasar Tahun1945. Jurnal Hukum Positum, 1(2), 218. https://doi.org/10.35706/positum.v1i2.848

Agus Suprijono (2011). Model-Model Pembelajaran. (Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya, 2011) hal. 45 1

Anggraeni, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Ludo Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Lemahabang Cirebon). PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 01(01), 165–178.

Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721

Cinta, A., Wibawa, P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2021). Game-based learning (gbl) sebagai inovasi dan solusi percepatan adaptasi belajar pada masa new normal. INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education), 3(1), 17–22. https://ejournal.upi.edu/index.php/integrated/article/view/32729

Esti Priatiningsih, Muhammad Prayito, H. R. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Melalui Metode Bermain Peran di Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jatisawit 02 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021. MAJALAH LONTAR Universitas PGRI Semarang, 32(2), 36–48.

Harefa, A. O. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Matematika Smk Swasta Pembda Nias. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 840–859.

I Made Suntara. (2019). Implementasi Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Journal of Education Action Search, 3(4). https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.21796

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Rahayu, W.,Winoto, Y., Rohman, A. S. (2016). Kebiasaan membaca siswa sekolah dasar (survei aspek kebiasan membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 4(2), 152–162. https://doi.org/10.24252/kah.v4i25

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rosita, L. (2018). Peran Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.879

Sholihah, A. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, 1–5.

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2), 1–16. https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/wacanasaraswati/article/view/35

Widiana, W. (2022). Game Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.48925

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dini Farichatus Sholikha, Akhwani, & Marwati, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Game Bassed Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN Kedungturi. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 223–229. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1178